Selasa, 12 November 2019
Peristiwa - Daerah

Tim Saber Pungli Kabupaten Madiun dan Pacitan Berkolaborasi Cegah Pungli

Tim Saber Pungli Kabupaten Madiun dan Pacitan Berkolaborasi Cegah Pungli Tim Saber Pungli Pacitan dan Kabupaten Madiun saat koordinasi pencegahan praktik pungli. (Foto: Ito Wahyu U/TIMES Indonesia)
Senin, 23 September 2019 - 18:23

TIMESINDONESIA, MADIUN – Keberadaan tim saber pungli dinilai penting untuk meningkatkan layanan publik. Serta mencegah praktik pungli yang merugikan masyarakat. Untuk mengoptimalkan fungsi dan peran, tim saber pungli Pacitan berkunjung ke kantor Inspektorat Kabupaten Madiun dan bertemu tim saber pungli setempat.

Tim yang terdiri dari jajaran inspektorat, kepolisian dan kejaksaan tersebut diterima oleh tim saber pungli Kabupaten Madiun yang diketuai oleh Wakapolres Madiun Kompol Suhono.

Saat menerima kunjungan tersebut, tim saber pungli Kabupaten Madiun memaparkan berbagai kegiatan yang sudah dilakukan sejak tahun 2018 lalu. Di antaranya  empat kasus yang ditangani tim saber, aparat pengawas intern pemerintah (APIP) dan aparat penegak hukum (APH). Serta pembukaan posko pengaduan.

Tim-Saber-Pungli-Pacitan-b.jpg

"Kami membuka dua posko pengaduan untuk memfasilitasi masyarakat jika menemukan adanya penyelewengan," ujar Kompol Suhono, Senin (23/9/2019).

Basito Inspektur Inspektorat Kabupaten Madiun mengatakan, keberadaan saber pungli  penting untuk meningkatkan pelayanan ASN kepada masyarakat. Serta mengantisipasi terjadinya pungli.

"Keberadaan tim saber pungli sangat penting untuk antisipasi adanya tindakan di luar aturan," jelasnya.

Sementara itu, Wakapolres Pacitan Kompol Hendry Soelistiawan berharap adanya kolaborasi sistem dan praktik pencegahan pungli antara Pacitan dan Kabupaten Madiun. Pihaknya mengaku akan lebih intens dalam pencegahan pungli.

"Rata-rata pungli terjadi pada pelayanan publik di tingkat bawah. Dengan adanya koordinasi ini dapat meningkatkan jalinan kerjasama antar kedua belah pihak," tegas Kompol Hendry saat pertemuan antara tim saber pungli Pacitan dan tim saber pungli Kabupaten Madiun. (*)

Jurnalis : Ito Wahyu Utomo (MG-204)
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Madiun

Komentar

Registration