Peristiwa Nasional

Mendagri Mengaku Telah Kantongi Identitas Pelaku Peretasan Situs Kemendagri

Senin, 23 September 2019 - 13:35 | 91.22k
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo.
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengaku, pihaknya sudah mengantongi identitas hacker atau pelaku peretasan terhadap situs resmi Kemendagri.

"Oh sudah. Sudah kami lihat Kominfo, Cyber Mabes Polri, untuk minta tolong. Sudah jelas tanggalnya dan hari apa, jam berapa, arahnya dari daerah mana, sudah ketahuan (pelakunya)," ujar Tjahjo di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Senin (23/9/2019).

Sebagai informasi, situs resmi Kemendagri jadi korban aksi peretasan oleh pihak tak bertanggungjawab, Minggu (22/9/2019). Diduga, aksi peretasan tersebut tekait dengan kondisi KPK RI. Sebab, dalam situs beralamat di www.kemendagri.go.id itu menampilkan pesan duka untuk kondisi KPK RI. Hingga saat ini, laman tersebut tidak dapat diakses sementara waktu.

Tjahjo memastikan peretasan situs Kemendagri tidak berpengaruh terhadap data kependudukan. Peretasan itu, menurutnya, hanya mengubah tampilan awal website.

"Nggak ada (pengaruh dengan seluruh data kependudukan). Hanya itu (berpengaruh dengan tampilannya) saja," kata Mendagri Tjahjo Kumolo mengaku telah mengantongi identitas hacker atau pelaku peretasan situs Kemendagri(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES