Pemerintahan

KPU RI Ingatkan Serangan Siber Terhadap Personal Penyelenggara Pilkada Serentak 2020

Senin, 23 September 2019 - 12:34 | 35.57k
Ketua KPU RI Arief Budiman. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)
Ketua KPU RI Arief Budiman. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ketua KPU RI Arief Budiman mengingatkan serangan siber terhadap personal penyelenggara pemilu akan menjadi tantangan baru di Pilkada serentak 2020.

​​​​"Serangan siber pada pemilu mulai banyak sejak 2014, 2014 serangan itu banyak menuju KPU sedangkan yang bersifat personal itu sedikit sekali," ujar Arief Budiman pada kegiatan Konsolidasi Nasional KPU 2019 dan peluncuran Pilkada 2020, di Jakarta, Senin (23/9/2019).

Kemudian, tren serangan siber itu berubah pada Pemilu 2019, sebagian besar dari lebih 5.000 serangan yang tercatat ditujukan kepada personal penyelenggara KPU.

"Ini yang perlu kita waspadai pada Pilkada 2020, ada perubahan kultur dalam aktivitas penyelenggaraan pemilu kita, dan cara merespon pemilu pada era teknologi informasi ini," kata dia.

Arief Budiman meminta penyelenggara Pemilu di daerah agar siap menghadapi potensi serangan siber tersebut selama tahapan penyelenggaraan Pilkada 2020 berlangsung.

Setidaknya menurut dia, ada tiga cara menangkal serangan siber khususnya yang menyerang KPU dengan informasi hoaks, yakni dengan meningkatkan transparansi, akurasi dan kecepatan.

"Transparansi harus didukung oleh teknologi informasi dan kecepatan informasi itu sampai ke publik, semakin cepat semakin efektif menekan hoaks," ujarnya.

KPU RI pada 21-24 September 2019 menggelar kegiatan Konsolidasi Nasional untuk mematangkan persiapan penyelenggaraan, dan peluncuran secara resmi tahapan Pilkada serentak 2020. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES