Pemerintahan

Kejar Target 50 Ribu KIA, Dispendukcapil Kota Madiun Keliling Sekolah

Kejar Target 50 Ribu KIA, Dispendukcapil Kota Madiun Keliling Sekolah Mobil layanan keliling Dispendukcapil Kota Madiun saat melakukan rekam data KIA di SDN 03 Madiun Lor. (Foto: Yupi Apridayani/TIMESIndonesia)
Senin, 23 September 2019 - 12:06

TIMESINDONESIA, MADIUN – Layanan jemput bola terus dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Madiun. Kali ini, mobil layanan Dispendukcapil Kota Madiun berkeliling ke sejumlah sekolah dasar untuk rekam data Kartu Identitas Anak atau KIA

"Dari catatan kami, masih ada sekitar 20 ribu anak di Kota Madiun yang belum mengurus KIA. Karena itu, kami jemput bola ke sekolah," ujar Pujo Suprantio Kasi Perkawinan, Perceraian, Perubahan Status Anak dan Kewarganegaraan saat layanan keliling pembuatan KIA di SDN 03  Madiun Lor Kota Madiun, Senin (23/9/2019).

Mobil-Layanan-Keliling-2.jpg

Menurut Pujo, ada 57 SD negeri  yang akan didatangi mobil layanan keliling. Setiap hari sekitar 50 anak terlayani pembuatan KIA. Sehingga tidak kurang dari 2.500 KIA akan diterbitkan oleh dispendukcapil.

"Sementara ini baru SD negeri yang kami datangi. Selanjutnya sasarannya SD swasta dan TK," jelas Pujo.

Layanan keliling ke sekolah diharapkan bisa menjangkau semua anak-anak Kota Madiun yang belum memiliki KIA. Tahun depan ditargetkan sekitar 50 ribu anak sudah memiliki KIA. Sementara ini sudah terealisasi sebanyak 30 ribu.

"Targetnya 95 persen bisa tercapai. Memang masih cukup banyak yang belum. Penyebabnya antara lain orang tua belum tahu manfaat KIA sehingga merasa belum butuh. Bisa juga belum tahu cara mengurusnya bagaimana," jelas Pujo.

Mobil-Layanan-Keliling-3.jpg

Dia menjelaskan, banyak manfaat KIA bagi anak. Selain sebagai kartu identitas, KIA bisa digunakan untuk memudahkan layanan lain seperti pembelian tiket kereta api dan BPJS kesehatan sebagai pengganti KK. Dengan melakukan rekam data KIA secara otomatis data anak bersangkutan sudah masuk data base kependudukan di dispendukcapil.

Bagi yang belum terlayani pembuatan KIA di sekolah, warga Kota Madiun bisa secara mandiri mendaftar via WhatsApp (WA) ke nomor 082264499946. Dengan cukup mengirim data anak, foto KK dan akte kelahiran. Jika KIA sudah tercetak bisa diambil ke Dispendukcapil Kota Madiun dengan menyerahkan persyaratan asli. (*)

Jurnalis : Yupi Apridayani
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Madiun

Komentar

Registration