Pemerintahan

Diserang Hacker, Situs Kemendagri RI Menampilkan Tulisan RIP KPK

Senin, 23 September 2019 - 01:21 | 244.27k
Ilustrasi hascker.
Ilustrasi hascker.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Situs resmi Kemendagri RI jadi korban aksi peretasan oleh pihak tak bertanggungjawab, Minggu (22/9/2019). Diduga, aksi peretasan oleh hacker tersebut tekait dengan kondisi KPK RI.
 
Sebab, dalam situs beralamat di www.kemendagri.go.id itu menampilkan pesan duka untuk kondisi KPK RI. Saat ini, laman tersebut tidak dapat diakses sementara waktu.

Kemendagri-Hacker.jpgDiretas, Situs Kemendagri RI menampilkan pesan duka untuk kondisi KPK RI saat ini (Foto: Istimewa)

Ketika diibuka, laman Kemendagri RI berubah menjadi warna hitam dan tertulis hacked by security 007. Hacker juga menampilkan gambar yang bertuliskan Rest in Peace Komisi Pemberantasan Korupsi (RIP KPK) 2002-2019.

Mendagri Tjahjo Kumolo sendiri baru menyadarinya saat awak media memberitahukan situsnya diretas. Ia mengaku langsung berkoordinasi dengan Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) dan Sekretariat Jenderal Pengelola Aplikasi/Teknologi website.

"Untuk konten isi website humas Pusat Penerangan kami koordinasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika, BSSN, dan cyber Polri," ujar Tjahjo dalam pesan singkatnya, Minggu (22/9/2019).

Berdasarkan laporan dari timnya, Tjahjo menjelaskan, tujuan dari aksi peretasan tersebut diduga terkait aspirasi untuk KPK RI, dan memang ada celah yang memungkinkan hacker mengaksesnya. "Celah masuk diduga melalui port file transfer dan atau melalui port database," kata Tjahjo.

Pihaknya pun  langsung melakukan shutdown akses publik web server serta menutup akses port file transfer. Selain itu, tim melakukan security assessment pada web server situs resmi Kemendagri RI yang diserang hacker untuk menghindari aksi peretasan terulang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES