Peristiwa Daerah

Ratusan Anggota Baru Pencak Silat Batara Perkasa Dikukuhkan di Makam Bathoro Katong

Minggu, 22 September 2019 - 23:14 | 587.52k
Para pendekar pencak silat Batara Perkasa saat melakukan ritual di Area makam Bathoro Katong / Foto Evita Mukharomah / Times Indonesia
Para pendekar pencak silat Batara Perkasa saat melakukan ritual di Area makam Bathoro Katong / Foto Evita Mukharomah / Times Indonesia

TIMESINDONESIA, PONOROGO – Sedikitnya 350 anggota baru Padepokan Pencak Silat Batara Perkasa di Kabupaten Ponorogo menziarahi makam Bathoro Katong (Bupati pertama Ponorogo) sekaligus menggelar doa bersama untuk minta hujan.

Kegiatan tersebut adalah rangkaian pengukuhan anggota baru yang digelar di area makam Bathoro Katong, Kelurahan Kertosari, Kecamatan Siman, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Minggu (22/9/2019).

Batara-Perkasa-2.jpg

Dalam prosesi pengukuhan tersebut, mereka berjalan kaki dari lokasi padepokan pencak silat asli Ponorogo ini menuju makam Bathoro Katong.

"Ritual tahunan ini untuk kepentingan bersama selain penggukuhan warga baru Pencak Silat Batara Perkasa. Kita juga gelar doa bersama untuk memohon turunnya hujan kepada Alloh SWT," ungkap Sunarso, sesepuh perguruan.

Batara-Perkasa-3.jpg

Sunarso mengungkapkan, akibat kemarau panjang, sejumlah wilayah di Ponorogo saat ini, sumber mata air semakin kecil dan mengakibatkan krisis air bersih.

Ketua panitia Arifudin menambahkan, di samping doa bersama minta hujan, kegiatan pengukuhan anggota baru Pencak Silat Batara Perkasa ini juga untuk mengingat kembali sejarah kabupaten Ponorogo dan peran Bathoro Katong(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Ponorogo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES