Peristiwa - Daerah

Masyarakat Pesisir Desa Karangagung di Tuban Bersihkan Sampah Plastik di Pantai

Masyarakat Pesisir Desa Karangagung di Tuban Bersihkan Sampah Plastik di Pantai Warga Desa Karangagung, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, gotoroyong membersihkan sampah laut, Minggu (22/09/2019). (Foto: Ahmad Istihar TIMESIndonesia)
Minggu, 22 September 2019 - 22:33

TIMESINDONESIA, TUBAN – Masyarakat pesisir Desa Karangagung, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, peduli sampah dengan membersihkan tumpukan sampah plastik di pantai.

Sampah yang didominasi plastik dan botol minuman kemasan di pinggir pantai itu, dinilai akan menjadi ancaman tersendiri bagi biota dan ekosistem laut. Warga juga khawatir jika musim hujan tiba, sampah plastik akan menyumbat saluran aliran air dan mengakibatkan banjir. 

"Kalau tidak kami gerakan untuk membersihkan, sampah akan menjadi salah satu biang keladi terjadinya banjir rob di lingkungan desa," ungkap Kades Karangagung, Aji Agus Wiyoto.

Kegiatan yang dikemas dengan tema "Gerebek sampah lingkungan dan pantai desa" ini diharapkan menjadi alternatif bagi pemangku kepentingan setempat untuk menjadikan lingkungan bersih dan sehat.

"Kita berharap dapat terwujud lingkungan sehat khususnya menjaga kebersihan pantai desa," harap Aji Agus Wiyoto kepada TIMES Indonesia, Minggu (22/09/2019).

Aji mengungkapkan keinginannya untuk menuju lingkungan sehat dan bersih dimulai dari gerakan sehat berbasis masyarakat pedesaan dan pantai desa.

"InsyaAllah, akan kami canangkan kegiatan seperti ini, minimal sebulan sekali melibatkan partisipasi masyarakat perdesaan dan pantai desa. Ke depannya, komitmen dan partisipasi dari masyarakat Desa Karangagung untuk berperan aktif dalam kegiatan cipta lingkungan sehat," imbuhnya. (*)

Jurnalis : Ahmad Istihar (MG-203)
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Tuban

Komentar

Registration