Pemerintahan

Pernyataan Sekda ‘Bondowoso Kota Miskin tapi Sombong’ Jadi Sorotan Sejumlah Pihak

Pernyataan Sekda ‘Bondowoso Kota Miskin tapi Sombong’ Jadi Sorotan Sejumlah Pihak Ketua LPBH PC NU Bondowoso, Ach Abrari (FOTO: Istimewa).
Minggu, 22 September 2019 - 20:17

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Pernyataan Sekretaris Daerah (Sekda) Syaifullah yang mengatakan bahwa Bondowoso kota miskin tapi sombong, menjadi sorotan beberapa pihak.

Pernyataan itu dilontarkannya, saat salah seorang jurnalis bertanya, terkait keberadaan Pasar Kejayan yang mangkrak, usai Rapat Paripurna, Jumat (20/9/2019) lalu.

“Itu masih kita kaji Pak. Jadi begini ya, itu perlu kita analisa. Apa sih, kenapa tidak dipakai? Eman. Bahasa saya begini ya, nuwun sewu, Bondowoso ini kota miskin tapi sombong,” katanya.

Namun pihaknya berkomitmen, Tahun 2020, akan berbenah agar Bondowoso bangkit total. “Sekarang masih ada sisa-sisa cara kerjanya temen-temen kurang bergerak cepat. Saya mau gerak cepat," tegasnya.

Kalimat ‘Bondowoso kota miskin tapi miskin' ini, kemudian mendapat tanggapan serius dari beberapa pihak.

Misalnya, akademisi perguruan tinggi sekaligus Ketua LPBH PC NU Bondowoso, Ach Abrari. Dia mengingatkan agar Sekda Syaifullah lebih fokus dengan tanggung jawabnya, menata birokrasi yang lebih baik.

Dia menyayangkan Sekda, yang malah sibuk menjustifikasi kiprah pembangunan dari pemerintahan Bondowoso sebelumnya. "Kita harus terbiasa memotret segala sesuatu secara positif sehingga akan muncul ide-ide produktif," ucapnya, Minggu (22/9/2019).

Hal senada juga disampaikan Ketua LSM Libas, Ahmad Fauzan Abdi. Dia menilai pernyataan Sekda Syaifullah telah membuat keruh dengan opini yang tidak sehat.

Menurutnya, hal itu merupakan pernyataan yang seharusnya tidak keluar dari seorang penjabat Bondowoso.

"Seharusnya Sekda segera meminta maaf kepada masyarakat. Karena ucapannya yang dianggap melecehkan Bondowoso memancing amarah masyarakat," tegas Fauzan. (*)

Jurnalis : Moh Bahri
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Bondowoso

Komentar

Registration