Peristiwa - Daerah

Asmadi Gantikan Cahyo Jadi Ketua DPRD Kota Batu 

Asmadi Gantikan Cahyo Jadi Ketua DPRD Kota Batu  Asmadi, diajukan Ketua DPRD Kota Batu. (FOTO: ist/TIMES Indonesia) 
Minggu, 22 September 2019 - 18:41

TIMESINDONESIA, BATUAsmadi dipastikan menggantikan Cahyo Edi Purnomo SPd SH MH menjadi Ketua DPRD Kota Batu

Hal ini menyusul terbitnya surat keputusan DPP PDIP Nomor 406/IN/DPP/IX/2019 tentang pengesahan dan penetapan calon ketua DPRD Kota Batu. "Berdasarkan surat DPP tersebut, kita kirimkan kepada Sekretaris DPRD Kota Batu untuk ditindaklanjuti," ujar Sekretaris DPC PDIP, Saifudin Zuhri SHI, Minggu (22/9/2019). 

DPP PDIP pun sudah menyertakan Asmadi dalam fit and proper test

Sebelumnya berdasarkan hasil keputusan rapat, DPC PDIP hanya mengajukan satu nama calon Ketua Fraksi PDIP yakni Sampurno.

Sementara PKB tetap mempercayakan Wakil Ketua I DPRD Kota Batu periode 2019-2024 kepada Nurochman SH berdasarkan surat Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKB Kota Batu nomor surat 998/DPC-03/V/A. 2/VIII/2019. 

Surat tersebut berisikan SK Penetapan Nurochman SH sebagai pimpinan DPRD Kota Batu periode 2019-2024 dari PKB. 

Komposisi pimpinan DPRD juga berubah pada Wakil Ketua II DPRD Kota Batu dari Gerindra. Periode sebelumnya dijabat oleh Hari Danah Wahyono, kali ini Gerindra mempercayakan posisi tersebut kepada Hely Suyanto. 

Anggota dewan termuda pada periode lalu ini, pada periode ini dipercaya menjabat sebagai Wakil Ketua II DPRD Kota Batu. 

Sekretaris DPRD Kota Batu, Balok Yudono MM membenarkan hal tersebut. Sesuai aturan kursi pimpinan DPRD Kota Batu diduduki oleh peraih kursi terbanyak yang dalam hal ini adalah PDIP, peraih enam kursi. 

Kemudian Wakil Ketua I diduduki oleh peroleh suara terbanyak urutan kedua yakni PKB dengan perolehan lima kursi. Sementara Wakil Ketua II diraih oleh peraih suara terbanyak ketiga yakni Partai Gerindra yang memiliki empat kursi. 

"Sudah ditetapkan lewat sidang paripurna, hasilnya akan dikirim Wali Kota Batu dan dilanjutkan ke Gubernur Jatim," kata Balok. 

Diperkirakan akhir bulan September 2019 SK pimpinan DPRD sudah turun, sehingga bulan Oktober 2019 sudah bisa melaksanakan Bimtek dan pembahasan APBD tahun 2020. Dan Asmadi adalah Ketua DPRD Kota Batu yang baru. (*)

Jurnalis : Muhammad Dhani Rahman
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Batu

Komentar

Registration