Pendidikan

USD Gelar Lomba Kalkulus Tingkat Mahasiswa se-Indonesia

USD Gelar Lomba Kalkulus Tingkat Mahasiswa se-Indonesia Peserta serius mengikuti lomba Sanata Dharma Calculus League di Kampus USD. (FOTO: Ahmad Tulung/TIMES Indonesia)
Minggu, 22 September 2019 - 09:32

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Universitas Sanata Dharma (USD) menggelar lomba Sanata Dharma Calculus League. Lomba yang diadakan kali pertama ini merupakan kegiatan dari Program Studi (Prodi) Matematika Fakultas Sains dan Teknologi  (FST) dan Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

“Lomba diikuti oleh 86 tim yaitu 172 mahasiswa seluruh Indonesia dari 23 perguruan tinggi yang berbeda. Diantaranya, perguruan tinggi dari Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Malang,” kata Sekretaris Panitia Sanata Dharma Calculus League, Ricky Aditya, Sabtu (21/9/2019).

Menurut Ricky, Kalkulus adalah salah satu materi dasar Matematika yang diajarkan di jurusan lain misalnya teknik. Dalam olimpiade Matematika tingkat mahasiswa ini Kalkulus tidak termasuk materi yang diujikan.

“Sejauh ini belum banyak kompetisi Kalkulus di Indonesia yang digelar secara rutin untuk tingkat mahasiswa, setelah selama ini sudah rutin mengadakan untuk tingkat SMP dan SMA. Karena itulah tidak ada salahnya jika USD memulainya,” terang Ricky, dosen Jurusan Matematika USD ini.

Ricky menuturkan, lomba ini dibagi dalam 2 tahap. Yaitu, tahap pertama babak penyisian dimana seluruh tim mengikuti ujian dengan format tertulis 10 soal isian singkat dan 2 soal esay. Kemudian, setelah ujian ini lalu diambil 10 peserta terbaik untuk masuk ke babak semi final. Pada tahap kedua ini masih tertulis tapi formatnya adalah esay sebanyak 5 soal.

Nah, dari 10 peserta ini akan diambil 5 yang terbaik untuk masuk ke babak final dengan format presentasi. Jadi  5 mahasiswa akan maju presentasi dengan soal yang sama secara bergiliran. Selanjutnya, untuk hasil akhir akan dipilih sesuai urutan hasil presentasi yang terbaik.

“Peserta pemenang Juara 1, 2 dan 3 akan mendapatkan hadiah uang pembinaan dan juga untuk juara harapan 1 dan 2 akan mendapatkan hadiah hiburan berupa buku,” terang Ricky.

Rektor USD Drs Johanes Eka Priyatma, M.Sc, Ph.D mengatakan liga Kalkulus ini membanggakan serta memberi semacam keyakinan baru bahwa ternyata Matematika dan Kalkulus sekarang tumbuh dan dicintai oleh anak-anak muda ini. Peradaban yang paling mutakhir adalah terkait dengan pegembangan kecerdasan buatan dan eksplorasi alam semesta atau angkasa luar.

Kunci dari 2 pengembangan ilmu pengetahuan ini termasuk juga pengembangan di bidang genetika adalah penemuan model-model Matematika yang sesuai dan tepat.

“Pengembangan model Matematika dan penyelesaian soal-soal model-model itu akan menjadi kunci pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mutakhir saat ini. Kalkulus merupakan cabang Matematika yang sangat berguna dan sangat banyak perannya dalam pengembangan model-model itu,” kata Eka saat menyampaikan sambutan dihadapan peserta Lomba Kalkulus Tingkat Mahasiswa Se-Indonesia di Ruang Drost, Lantai 4 Gedung Utama Kampus 3 USD, Paingan, Sabtu (21/9/2019)

Lomba ini merupakan langkah yang baik bagi Program Studi (Prodi) Matematika Fakultas Sains dan Teknologi  (FST) dan Prodi Pendidikan Matematika FKIP USD. Ia berharpa, pada tahun-tahun berikutnya lomba ini dapat dikembangkan lagi supaya menjadi lebih meluas, lebih berkualitas dan bisa melibatkan pihak-pihak yang lain.

“Tahun depan, lomba kalkulus tingkat mahasiswa se-Indonesia ini bisa melibatkan pihak pemerintah, LLDIKTI untuk mensponsor. Sehingga, kegiatan ini menjadi semakin berdampak bagi peserta, dan tentunya untuk mempromosikan dan mengenalkan USD mempunyai jurusan Matematika, Pendidikan S1 Matematika dan juga Pendidikan S2 Matematika,” terang Eka, Rektor USD ini. (*)

Jurnalis : Ahmad Tulung
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Yogyakarta

Komentar

Registration