Peristiwa Nasional

Tokoh Agama Berperan Besar Dalam Membendung Kerusuhan di Papua

Minggu, 22 September 2019 - 08:13 | 117.69k
Kepala Pusat Kerukunan Umat Beragama (PKUB) Kemenag, DR Nifasri, M.Pd (kedua dari kiri) saat menghadiri Dialog Lintas Agama di Kota Jayapura, Papua. (FOTO: Istimewa)
Kepala Pusat Kerukunan Umat Beragama (PKUB) Kemenag, DR Nifasri, M.Pd (kedua dari kiri) saat menghadiri Dialog Lintas Agama di Kota Jayapura, Papua. (FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kepala Pusat Kerukunan Umat Beragama (PKUB) Kemenag, DR Nifasri, M.Pd mengakui peran tokoh agama sangat besar dalam membendung kerusuhan hingga tidak melebar ke konflik agama di tanah Papua beberapa waktu lalu.

Nifasri menegaskan hal itu dalam acara Dialog Lintas Agama di Kota Jayapura, Papua yang berlangsung selama tiga hari (20-22/9/2019).

Ratusan tokoh agama yang berasal dari seluruh kabupaten/kota se Provinsi Papua, mulai pendeta, uztadz, pastor, dan tokoh lainnya hadir dalam dialog yang bertema Pemeliharaan dan Penguatan Kerukunan Umat Beragama di Provinsi Papua itu.

Dialog-Lintas-Agama-2.jpg

Menurut Nifasri, bila tidak ada peran tokoh agama saat terjadi kerusuhan beberapa waktu lalu, bisa saja kerusuhan berujung pada konflik horizontal di Papua.

"Yang hadir di sini semuanya merupakan tokoh agama yang menjadi panutan masyarakat Papua. Masyarakat Papua sangat menghormati tokoh agama. Ini dapat dibuktikan dengan berhasilnya tokoh agama dalam menciptakan harmonisasi damai di Papua hingga kerusuhan tidak melebar ke konflik agama," katanya.

Ia mengapresiasi saran dan masukan tokoh agama untuk tetap mempertahankan harmoni damai di Tanah Papua dalam bingkai moderasi beragama.

Saran yang tertuang dalam rekomendasi hasil Dialog Lintas Agama tersebut diharapkan bida ditindaklajuti oleh Kakanwil Kemenag Papua dan Forum Kerukunan Umat Beragama, lembaga keagamaan dan organisasi kemasyarakatan yang tersebar di sejumlah kabupaten/kota.

Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Papua Pdt. Amsal Yowei juga menyampaikan terima kasih kepada Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Sekjen Kemenag M Nur Kholis Setiawan dan PKUB Kemenag yang langsung merespon dan memberikan perhatian khusus pasca terjadinya kerusuhan di Tanah Papua beberapa waktu lalu.

"Terima kasih Bapak Menteri Agama dan seluruh jajarannya yang sudah membina kerukunan umat beragama di Indonesia, ini tanggung jawab yang luar biasa. Meski pun kami berada jauh di kawasan timur, namun perhatian Bapak Menteri Agama sangat kami rasakan," ujar Amsal.

Acara Dialog Lintas Agama yang dihadiri ratusan tokoh agama di Papua itu berakhir dengan ditandai pemukulan gendang tifa oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Papua Pdt. Amsal Yowei didampingi Kepala Pusat Kerukunan Umat Beragama (PKUB) Kemenag, DR Nifasri, M.Pd.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES