Wisata

Diinisiasi Masata, Kegiatan Great Bali Xperience 2019 Diyakini Dongkrak Pertumbuhan Pariwisata Pulau Dewata

Sabtu, 21 September 2019 - 00:30 | 125.08k
Sosialisasi Great Bali Xperience 2019, Mendukung Pertumbuhan Ekonomi dan Mengakselerasi Pariwisata Bali Tahun 2019
Sosialisasi Great Bali Xperience 2019, Mendukung Pertumbuhan Ekonomi dan Mengakselerasi Pariwisata Bali Tahun 2019

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Program kegiatan Great Bali Xperience 2019 yang diinisiasi Masyarakat Sadar Wisata (Masata) dan Bali Tourism Board diyakini dapat memperkuat pariwisata Bali.

"Program itu tentu sebagai wujud terima kasih atas pariwisata Bali yang berkembang," ujar Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, atau akrab disapa Cok Ace dalam keterangan tertulis yang diterima TIMES Indonesia, Jumat (20/9/2019).

Kata dia, Great Bali Xperience memberikan kesempatan kepada semua orang untuk menikmati Island of God dengan harga terjangkau. "Siapapun tentu bisa berkunjung ke Bali yang penuh keindahan," imbuhnya.

great-b.jpg

Sementara itu, Ketua Pembina Masata, Michael Umbas menegaskan, Bali sebagai ujung tombak pariwisata Indonesia memerlukan program yang mampu mendorong peningkatan jumlah kunjungan wisatawan.

Sebab, diakui ada sedikit trend penurunan wisatawan ke Bali pada 2019. Berdasarkan data BPS Provinsi Bali, wisatawan mancanegara yang datang ke pulau dewata pada semester I-2019 sebesar 2,84 juta orang, atau turun 1,29 persen dari jumlah wisatawan mancanegara pada semester I-2018.

"Masalah ini menjadi perhatian khusus bagi pemerintah, karena Bali masih memegang peranan penting bagi industri pariwisata nasional," tegas Michael Umbas melalui pesan singkat elektronik.

great-c.jpg

Umbas berpandangan, kunci untuk mengatasi persoalan ini ada kolaborasi, seperti yang diwujudkan dengan program Great Bali Xperience 2019.

"Kolaborasi industri di Bali bisa menjadi role model. Industri di Bali saat ini benar-benar ngayah, yang artinya kompak bekerja sama. Hal ini yang diharapkan bisa ditiru di destinasi wisata lainnya," tutur Umbas.

Senada, Kepala Bank Indonesia Perwakilan Bali, Trisno Nugroho menyatakan, pariwisata menjadi sektor andalan di Bali dalam mendorong percepatan menurunkan defisit transaksi berjalan atau current account deficit (CAD). 

"Pariwisata yang merupakan 70  persen nafas industri di Bali, jelas mendorong penciptaan lapangan kerja, dan menumbuhkan kegiatan usaha. Pariwisata juga mampu menghasilkan devisa dengan cepat," ucap Trisno Nugroho.

Di lain pihak, Ketua Bali Tourism Board dan Gabungan Industry Pariwisata Indonesia, Ida Bagus Agung Partha Adnyana mengaku optimistis, kegiatan Great Bali Xperience dapat meningkatkan kembali tingkat kunjungan wisatawan ke Bali. 
 
Ketua Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) DPD Bali Anak Agung Ngurah Agung Agra Putra serta Ketua Umum Masata sekaligus Wakil Ketua DPP Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Panca R Sarungu sama-sama menganggap Great Bali Xperience sebagai peluang emas.

"Kami berkomitmen memberikan dukungan dari ribuan outlet. Mulai hari ini logo Great Bali Xperience akan kami sosialisasikan kepada anggota. Kami juga menyiapkan kejutan-kejutan harga retail serta kegiatan aktivasi yang mendukung. Misalnya seperti lomba, pameran bekerjasama dengan Assosiasi Pengelola Pusat Belanja di Bali. Kami juga akan merangkul para UKM untuk berpartisipasi," ujar AA Ngurah Agung Agra Putra.

Adapun Panca R Sarungu menyebut setiap daerah di Indonesia memiliki waktu low season yang berbeda, sehingga diperlukan adanya right program at the right place.

Ia mengakui program sejenis Great Bali Xperience sudah banyak dilakukan di Indonesia. Namun masih kurang efektif, karena tidak saja diperlukan kolaborasi industri, tetapi juga penggunaan teknologi serta sistem distribusi yang tepat.

Great Bali Xperience adalah sebuah kegiatan yang diadakan untuk menarik lebih banyak wisatawan ke Bali dengan memanfaatkan periode low season selama bulan Oktober sampai Desember. Selama periode kegiatan ini, GBX memberikan penawaran paket flight dan hotel dengan harga terbaik bekerja sama dengan asosiasi-asosiasi hotel dan maskapai serta tranportasi darat, serta memberikan promo retail dan tourist attraction.

Untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan berjalan dengan lancar, Great Bali Xperience menyediakan teknologi QR yang dapat memudahkan retail. Memberikan penawaran terbaik selama periode kegiatan berlangsung yang bekerjasama dengan QRdeals.id.

Program Great Bali Xperience juga memberikan penawaran paket transportasi menuju ke Bali dan akomodasi selama di sana dengan harga yang terjangkau dengan dukungan dari Liburan.co.id sebagai reservation partner, serta didukung oleh Rajawali Indonesia sebagai entertainment partner.

Kegiatan Great Bali Xperience ini didukung penuh oleh asosiasi-asosiasi sebagai berikut: Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) Bali, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bali, Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO) Bali, Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI), Gabungan Usaha Wisata Bahari dan Tirta Indonesia (GAHAWISRI) Bali.

Persatuan Angkutan Wisata Bali (PAWIBA), Himpunan Lembaga Pendidikan Tinggi Pariwisata Indonesia (HILDIKTIPARI), Bali Wedding Association (BWA), Ubud Homestay Association (UHSA), Majelis Utama Desa Pakraman Bali, Indonesia Marketing Association (IMA) Wilayah Bali, Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI), serta Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA).

Great Bali Xperience 2019 juga didukung penuh Paiketan Krama Bali, Forum Komunikasi Desa Wisata Bali (Forkom Dewi Bali), Society of Indonesia Professional Convention Organizers (SIPCO) Bali, Bali Villa Association (BVA), Bali Sales & Marketing Community (Bascomm), Pacific Asia Travel Association (PATA), Ubud Hotels Association (UHA), Bali Hotels Association (BHA), serta Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC).(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Bali

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES