Peristiwa Daerah

Tingkatkan Keterampilan Menulis Jurnalistik, LBH Sembada Gandeng TIMES Indonesia

Sabtu, 21 September 2019 - 15:07 | 51.83k
Kepala Biro TIMES Indonesia Regional Yogyakarta, Ahmad Riyadi S.IP ketika menjelaskan tentang teknik penulisan berita kepada para peserta pelatihan jurnalistik di kantor LBH Sembada Yogyakarta, Jumat (20/9/2019). (FOTO: Abdullah Adha/TIMES Indonesia)
Kepala Biro TIMES Indonesia Regional Yogyakarta, Ahmad Riyadi S.IP ketika menjelaskan tentang teknik penulisan berita kepada para peserta pelatihan jurnalistik di kantor LBH Sembada Yogyakarta, Jumat (20/9/2019). (FOTO: Abdullah Adha/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Sembada terus melakukan inovasi. Selain sebagai lembaga advokasi, LBH Sembada ingin ikut andil memberikan informasi kepada masyarakat melalui media digital. Nah, untuk meningkatkan keterampilan menulis jurnalistik kepada para stafnya. LBH Sembada menggandeng TIMES Indonesia menggelar pelatihan jurnalistik.

Dalam kesempatan ini, ada dua materi yang disampaikan yaitu jurnalistik tulis dan jurnalistik fotografi.

“Berita harus mempunyai nilai. Nilai suatu berita yaitu aktual, faktual, penting dan menarik,” kata Kepala Biro TIMES Indonesia Regional Yogyakarta, Ahmad Riyadi S.IP kepada para peserta pelatihan jurnalistik di kantor LBH Sembada Yogyakarta, Jumat (20/9/2019).

Tak hanya teknik penulisan berita, alumni Ilmu Komunikasi UMY ini menjelaskan tentang teknik pengambilan foto yang baik untuk kepentingan sebuah pemberitaan. Menurutnya, pengambilan foto harus disesuaikan dengan konten berita dan angel atau sudut pandang obyek foto yang akan diambil tidak boleh asal-asalan.

“Foto itu harus bisa memberikan kontek yang jelas terhadap berita yang sudah kita buat. Memiliki kesinambungan antara berita dan foto yang akan ditayangkan,” tambah Amar, sapaan akrab Ahmad Riyadi.

Terlihat, peserta antusias mengikuti diskusi yang berlangsung selama lebih dari dua jam tersebut. Para peserta diskusi banyak mengajukan pertanyaan agar berita yang ditulis menjadi tranding topik dan masuk urutan papan atas Google. Antara lain, bagaimana memilih judul yang baik, keterangan foto/caption, hingga teknik menyebarkan link berita dalam media sosial (medsos).

“Jangan ragu menyebarkan link berita melalui media sosial dan jejaring grup WA,” jelas mahasiswa Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan ini.

Pembina LBH Sembada Yogyakarta, Sapto Nugroho Wusono,S.H, M.H., meminta para peserta pelatihan menulis jurnalistik segera mempraktikan teknik jurnalistik yang disampaikan pemateri dari TIMES Indonesia. Ia berharap, setelah pelatihan ini website portal berita yang dikelola LBH Sembada yaitu saptasembada.com semakin dikenal masyarakat luas.

“Selesai pelatihan menulis jurnalistik ini, akan lebih baik bila teman-teman LBH Sembada langsung mempraktikan apa yang sudah disampaikan oleh pemateri dari TIMES Indonesia. Jangan lupa, berita yang dibuat nanti di share ke berbagai media sosial dan grup WA agar penyebarannya semakin banyak,” terang Sapta. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Yogyakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES