Kesehatan

Kualitas Darah dan Tulang Belakang Kunci Kesehatan Menyeluruh

Kualitas Darah dan Tulang Belakang Kunci Kesehatan Menyeluruh dr Gigih Pramono, SP.BS, Jumat (20/9/2019).(Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia).
Sabtu, 21 September 2019 - 00:45

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Kualitas hidup seseorang ternyata ditentukan pada dua faktor utama yaitu darah atau pembuluh darah dan tulang belakang.

Menurut keterangan ahli bedah saraf, dr Gigih Pramono, SP.BS, apabila aliran darah tidak bagus dan kualitas kelenturan pembuluh darah menurun, akan mempengaruhi daya pompa pada pipa pembuluh darah. Sehingga bisa menimbulkan berbagai macam keluhan penyakit seperti kolesterol.

“Saya kira banyak dialami saat ini dan tidak pernah mendapatkan solusi karena tidak pernah diubah gaya hidupnya,” terangnya, Jumat (20/9/2019).

Oleh karena itu, guna menjaga kualitas darah bisa dimulai dengan gaya hidup sehat baik dari pengaturan makanan maupun rutin berolahraga.

Begitu juga dengan kekuatan menyangga tulang belakang harus mendapat perawatan khusus. Antara lain memperbaiki posisi duduk.

“Duduk harus tegak, tidak banyak melakukan aktivitas menunduk sehingga menarik otot di kepala,” ungkap dokter yang telah banyak mengantongi sertifikat internasional ini.

Meskipun sering disepelekan, stretching tubuh adalah salah satu solusi untuk membantu relaksasi otot.

“Caranya stretching leher dan usahakan setiap kali duduk maupun berdiri dengan posisi tegak. Secara konsisten olahraga paling murah dan gampang dengan jalan atau lari dan dilakukan secara bertahap,” tambahnya.

Namun jika sudah terlanjur merasakan nyeri ringan pada otot leher maupun bagian lainnya, bisa diredakan dengan kompres es batu agar mengurangi keluhan.

“Setiap nyeri ada peradangan. Karena dingin sifatnya menurunkan radang atau untuk meringankan rasa nyeri bisa dengan kompres dingin,” pungkas salah satu dokter ahli bedah Tim Kortex Komprehensive Brain and Spine di National Hospital Surabaya tersebut saat menjelaskan pentingnya menjaga kualitas darah dan tulang belakang.(*)

Jurnalis : Lely Yuana
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Surabaya

Komentar

Registration