Peristiwa - Daerah

Terdampak Kabut Asap Karhutla, SMP Vidatra Bontang Gelar Shalat Istisqo

Terdampak Kabut Asap Karhutla, SMP Vidatra Bontang Gelar Shalat Istisqo Siswa dan Guru SMP Vidatra sedang menjajal permainan tradisional (Foto : Kusnadi /TIMES Indonesia)
Jum'at, 20 September 2019 - 21:16

TIMESINDONESIA, BONTANG – Siswa SMP Vidatra (YPVDP) Bontang merasakan juga dampak dari peristiwa kabut asap sehingga terdapat beberapa siswa yang menderita ispa.  Hal ini yang menginisiasi pihak sekolah bersama ratusan siswa menggelar shalat Istisqo yakni sholat meminta hujan kepada Allah SWT di lapangan sekolah, Jumat (20/9/2019) pagi. 

Menurut Kepala Sekolah SMP YPVDP Siswanta, shalat Istisqo dilakukan karena kepedulian terhadap lingkungan, dan agar Allah SWT mengabulkan supaya turun hujan. “Hari ini kita lakukan shalat Istisqo bersama, semoga Allah mengguyur Bontang dengan hujan,” kata Siswanta usai melakukan solat Istisqo

Usai menggelar shalat Istisqo para siswa diajak bermain permainan tradisional dengan peralatan yang telah disediakan. 

Permainan tradisional seperti gobak sodor, congklak, lompat tali karet, enggrang, dakon, dan bentik disiapkan untuk kembali bernostalgia saat tahun 90an memakainya, di tengah gadget menjadi mainan yang mengalahkan segalanya. 

“SMP YPVDP hari ini, peringati hari bebas emisi, dan sesuai program sekolah adiwiyata, kita menggelar doa bersama dan solat Istisqo, bagi yang beragama Islam, sedangkan yang beragama Kristen, Hindu, Budha juga menggelar rangkaian ibadah sesuai agamanya. Setelah itu, dilanjut dengan permainan tradisional, tujuannya ya untuk mengenalkan siswa pada permainan yang tidak melibatkan gadget,” kata Siswanta.

Seluruh guru dan orangtua siswa SMP Vidatra Bontang juga turut merasakan nostalgia permainan masa kecil yang bakal digelar dua minggu sekali itu. Mereka turut bermain enggrang, gobak sodor, tali karet juga bentik di sekolah Adiwiyata itu. (*)

Jurnalis : Kusnadi
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Bontang TIMES

Komentar

Registration