Peristiwa Daerah

Rembug Budaya Kampung, Kuatkan Komunikasi Sosial di Kampung Cempluk Festival 

Jumat, 20 September 2019 - 21:05 | 44.73k
Poster Rembug Budaya Kampung
Poster Rembug Budaya Kampung

TIMESINDONESIA, MALANG – Hajatan hari raya budaya kampung yaitu Kampung Cempluk Festival ke-9 akan diawali Rembug Budaya Kampung, di Dusun Sumberejo, Kalisongo, Dau, Kabupaten Malang, Minggu (22/9/2019) mendatang.

Pagelaran ini murni berangkat dari solidaritas warga untuk mempertahankan dan mengenalkan nilai-nilai kebudayaan kepada generasi muda dan masyarakat Malang raya.

Mengangkat tema Kampung Sebagai Serambi Utama Indonesia, Rembug Budaya Kampung mengundang beberapa tokoh sebagai narasumber.

Rembuk-Budaya-Kampung-a.jpg

Diantaranya Plt. Kepala BPIP Prof Haryono, Japung Nusantara Prof Djoko Saryono, Direktur PUED Ditjen PMD Kemendes Nugroho Setijo Negoro, Japung Nusantara Dwi Cahyono, Dekan FH UB Dr Muchamad Ali Safa'at, Komunitas Kampung Kalimetro Luthfi J Kurniawan dan Kepala Desa Kalisongo Siswanto. 

Pengambilan tema ini, berawal dari gagasan pentingnya peran kampung dalam banyak aspek untuk menguatkan Indonesia dari segi budaya, ekonomi, pendidikan dan politik. Masyarakat kampung dianggap berkontribusi luar biasa, sehingga perlu diberikan perhatian penuh oleh pemerintah dan masyarakat umum. 

Penggagas Kampung Cempluk, Redy Eko Prastyo mengatakan, Kampung Cempluk Festival ini berangkat dari kekompakan dan solidaritas warga. Semangat yang mereka bawa adalah mengenalkan kebudayaan kampung cempluk kepada generasi muda dan masyarakat di Malang Raya.

"Jika kampung berdaya serta selalu bergerak produktif, muncul sebuah keniscayaan jika Indonesia menjadi negara adidaya serta menjadi bangsa tetap memegang nilai-nilai kearifan lokal sebagai landasan untuk menjawab tantangan hiruk pikuknya arus globalisasi," katanya. 

Kampung Cempluk Festival ini akan berlangsung secara maraton selama satu minggu penuh, mulai Minggu (22/9/2019) hingga Sabtu (28/9/2019).

Untuk Rembug Budaya Kampung yang menjadi pembuka pada Kampung Cempluk Festival ke-9 ini akan digelar pada Minggu, (22/9/2019) pukul 09.00 - 12.00 WIB. Bertempat di perempatan Kampung Cempluk RW 2 Sumberejo, Kalisongo, Dau, Kabupaten Malang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES