Peristiwa Daerah

Kaya Inovasi, Puskesmas Jetis II Bantul Wakili DIY Maju Lomba Tingkat Nasional

Jumat, 20 September 2019 - 20:34 | 192.20k
Bupati Bantul Suharsono saat berada di Puskesmas Jetis. (FOTO: Totok Hidayat/TIMES Indonesia)
Bupati Bantul Suharsono saat berada di Puskesmas Jetis. (FOTO: Totok Hidayat/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Bupati Bantul Suharsono mengatakan, inovasi menjadi ciri pelayanan Puskesmas yang modern. Sebab, inovasi muncul dari tuntutan masyarakat terhadap layanan yang lebih baik. 

"Setiap pelayanan publik terus berinovasi agar masyarakat puas terhadap pelayanan," kata Suharsono menanggapi lomba puskesmas tingkat nasional, Jumat (20/9/2019).

Ciri-ciri ini dimiliki Puskesmas Jetis 2 Bantul yang memiliki 5 inovasi untuk layanan pasien. Masing-masing DUTA BAGIKU (Peduli Kesehatan Balita Gizi Kurang/Kurus), GARPU SALAD (Gerakan Peduli Keluarga Sehat Sulang Kidul), KEMILAU SUSI (Kelas Ibu Hamil dan Suami Siaga), Layanan Gemmas bersama Punggawa (Layanan Gangguan Mental Emosional bersama Pemuda Peduli Kesehatan Jiwa dan REDAKSI (Relaksasi Dengan Dzikkir atasi Hipertensi).

"Berbekal inovasi ini, layak bila Puskesmas Jetis II maju ke tingkat nasional," tegas Harsono.

Irwan Rosyadi, Psikolog di Puskesmas Jetis II selaku penggagas inovasi REDAKSI memastikan layanan ini bertujuan mengatasi meningkatnya jumlah penderita hipertensi di wilayah layanannya.

Dengan konsep pernafasan disertai dzikir terapi dapat dipraktikkan di rumah oleh pasien dari berbagai latar belakang agama. Agar lebih memudahkan dipraktikkan secara mandiri sudah disediakan tutorial melalui chanel Youtube.

Meski demikian secara rutin, setiap Sabtu pagi terapi digelar secara massal di Puskesmas Jetis II Bantul. "Terapi ini terbukti mampu menekan jumlah penderita gejala hipertensi," jelas Irwan yang sehari-hari bertugas di Puskesmas Jetis II (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Radio Persatuan Bantul

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES