Politik

Rekomendasi PDI Perjuangan untuk Pilkada Kabupaten Malang, Tergantung Elektabilitas

Rekomendasi PDI Perjuangan untuk Pilkada Kabupaten Malang, Tergantung Elektabilitas Wakil Ketua Bidang Kaderisasi dan Idiologi DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, Daniel Rohi bersama Sri Untari saat menguji bakal calon dari Kabupaten Malang. (foto : Hendik Arso for TIMES Indonesia)
Jum'at, 20 September 2019 - 20:26

TIMESINDONESIA, MALANG – Peluang 8 bakal calon yang mengadu nasib untuk mendapatkan rekomendasi dari DPP PDI Perjuangan pada Pilkada Kabupaten Malang, tergantung hasil survei elektabilitas.

Hal ini diungkapkan Wakil Ketua Bidang Kaderisasi dan Idiologi DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, Daniel Rohi. Menurutnya, tingkat elektabilitas adalah salah satu penentu pemberian rekomendasi oleh DPP PDI Perjuangan.

"Salah satu yang diperhatikan adalah tingkat elektabilitas. Semakin tinggi elektabilitas, maka bisa jadi semakin berpeluang mendapatkan rekomendasi," ujar Daniel Rohi kepada TIMES Indonesia, Jumat (20/9/2019).

Lebih lanjut dia menjelaskan, PDI Perjuangan tentunya akan melakukan survei internal terhadap para bakal calon yang telah mengikuti fit and proper test di DPD PDI Perjuangan Jatim. "Survei eksternal juga menjadi pertimbangan pendukung dan bisa menjadi poin tambah," ungkapnya.

Menurutnya, seluruh bakal calon dari Kabupaten Malang sudah mengikuti fit and proper test yang telah dilakukan selama dua hari. "Yang mendaftar untuk Kabupaten Malang semuanya dari DPC. Sedangkan yang mendaftar dari DPD tidak ada," ungkapnya.

Dia juga menanggapi latar belakang para bakal calon tersebut. "Rata-rata mereka oarng yang kompeten di bidang masing-masing. Ada dari birokrat karir, kader partai, akademisi, aktivis, profesional dan seniman," tuturnya.

Pihaknya akan menyerahkan hasil fit and proper test tersebut kepada DPP PDI Perjuangan. "Selanjutnya yang memutuskan mendapatkan rekomendasi hak mutlak kewenangan dari DPP PDI Perjuangan," tegasnya.

Seperti diberitakan TIMES Indonesia sebelumnya, ada 8 bakal calon yang mengadu nasib untuk mendapatkan rekomendasi melalui PDI Perjuangan.

Mereka yang bersaing untuk mendapatkan rekomendasi Pilkada Kabupaten Malang melalui PDI Perjuangan yakni, Sekda Kabupaten Malang, Didik Budi Muljono, Kades Pujiharjo, Hendik Arso, Ketua PCNU kabupaten Malang, dr H Umar Usman, Wakil Ketua Lesbumi Jumaali, Rektor Unira, Hasan Abadi, aktivis Wahyu Edi Setiawan, serta dua pengusaha yakni Wibi A dan Dicky A. (*)

Jurnalis : Binar Gumilang
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Malang

Komentar

Registration