Peristiwa Daerah

Bimtek Mitigasi Penanggulangan Bencana di Kota Madiun Libatkan Pelajar dan Mahasiswa

Jumat, 20 September 2019 - 19:37 | 40.48k
Wakil Wali Kota Madiun Inda Raya menyematkan tanda peserta bimtek mitigasi penanggulangan bencana. (Foto: Ito Wahyu U/TIMES Indonesia)
Wakil Wali Kota Madiun Inda Raya menyematkan tanda peserta bimtek mitigasi penanggulangan bencana. (Foto: Ito Wahyu U/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MADIUN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Madiun mengadakan bimbingan teknis (bimtek) mitigasi penanggulangan bencana. Kegiatan tersebut diikuti 50 peserta. Mulai pelajar SLTA, mahasiswa dan relawan BPBD, yang diselenggarakan di Taman Lalu Lintas Bantaran Kali Madiun, Jum’at (20/9/2019).

Kepala Pelaksana BPBD Kota Madiun, Agus Hariono mengatakan, bimtek mitigasi penanggulangan bencana sengaja melibatkan pelajar dan mahasiswa agar mereka memiliki kesadaran dan kepedulian sejak dini terhadap potensi bencana yang terjadi. Tidak hanya diberikan materi, peserta juga diajak praktik lapangan.

“Selain materi juga ada praktik lapangan cara penanganan masalah korban kebakaran, banjir maupun korban laka air. Itu dilaksanakan di bawah jembatan Bantaran,” kata Agus.

Wakil-Wali-Kota-Madiun-Inda-Raya.jpg

Ia menyatakan, program mitigasi penanggulangan bencana sebelumnya telah dilakukan BPBD melalui sekolah bebas bencana. Kegiatan itu dikenalkan kepada pelajar mulai jenjang TK hingga SMP. Untuk memperkuat program mitigasi penanggulangan bencana, BPBD akan bersinergi dengan dinas pendidikan melaksanakan kegiatan serupa di masing-masing sekolah.

Wakil Wali Kota Madiun Inda Raya Ayu Miko Saputri menuturkan, peserta yang mengikuti bimtek nantinya dapat menularkan ilmunya kepada keluarga maupun masyarakat di sekelilingnya. Dengan begitu ketika terjadi bencana, mereka tidak panik dan dapat mengatasinya secara mandiri.

“Paling tidak dengan adanya pencegahan seperti ini kita jauh lebih siap untuk menghadapi apabila ada bencana. Itulah kenapa kita benar-benar konsen terhadap kegiatan seperti ini supaya nantinya jika diperlukan kita bisa memberikan bantuan,” tuturnya.

Sesuai jadwal Bimtek Mitigasi Penanggulangan Bencana di Kota Madiun dilaksanakan 20-22 September  2019. Adapun narasumber dalam kegiatan tersebut yakni dari FPTI dan Batalyon Yonif Para Raider 501 Madiun. Kegiatan diselenggarakan oleh BPBD Kota Madiun. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yupi Apridayani
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Madiun

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES