Peristiwa Daerah

World Clean Up Day 2019, Pemkot Batu dan Sabers Pungli Bersih-bersih Kota 

Jumat, 20 September 2019 - 15:36 | 37.44k
Aktivitas bersih-bersih serentak di seluruh Kota Batu dalam rangka memperingati World Clean Up Day 2019. (FOTO: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia) 
Aktivitas bersih-bersih serentak di seluruh Kota Batu dalam rangka memperingati World Clean Up Day 2019. (FOTO: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia) 

TIMESINDONESIA, BATU – Memperingati World Clean Up Day 2019 Pemkot Batu dan relawan lingkungan Sabers Pungli (Sapu Bersih Sampah Nyemplung Kali) mengerahkan kekuatan penuh bersihkan sampah kota, Jumat (20/9/2019). 

Sejak pukul 07.00 hingga pukul 09.00 WIB, ribuan Aparatur Sipil Negara (ASN), ribuan warga di sudut-sudut kampung dan ratusan relawan Sabers Pungli dari berbagai komunitas membersihkan sampah di sudut-sudut kota.

Pemkot-Batu.jpg

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) mengerahkan kekuatan penuh tidak hanya mengerahkan personil tapi seluruh peralatan yang ada. Mulai dari dump truk hingga kendaraan penyapu. Stadion, Alun-Alun, kantor pemerintahan hingga pasar dibersihkan oleh masyarakat. 

Wali Kota Batu, Dra Hj Dewanti Rumpoko M.Si mengeluarkan surat edaran untuk mengajak seluruh elemen masyarakat untuk turun jalan membersihkan sampah. 

"Aksi serentak untuk membersihkan lingkungan di wilayah masing-masing," begitu bunyi surat edaran wali kota ini. 

Aktivitas-bersih-bersih-serentak-2.jpg

Menindaklanjuti surat edaran tersebut, kantor pemerintahan pun mengerahkan pegawainya. Seperti pegawai Kecamatan Bumiaji bersama-sama relawan lingkungan dari Sabers Pungli menggelar aksi bersih-bersih lingkungan di sekitar kantor Kecamatan Bumiaji.

Melihat para pegawai membersihkan sampah disekitar lingkungan kantor Kecamatan, warga yang tinggal di sekitar kantor Kecamatan pun tergerak untuk ikut serta membersihkan halaman sekitar rumah mereka. 

Selain memunguti sampah, para pegawai juga merawat taman di sekitar Kecamatan Bumiaji. Mereka menyirami 20 jenis bunga yang ada di Taman seperti Astro, Krisan, Bromulya dan Ararea. 

Hal yang sama juga dilakukan KONI Kota Batu. Pengurus KONI membersihkan sampah di sekitar kantor KONI yang ada di Jalan Sultan Agung Nomor 8 ini. 

"Kita menyambut World Clean Up Day tahun 2019 dengan bersih-bersih sampah di sekitar Kantor KONI," ujar Ketua KONI Kota Batu, Drs Mahfud. 

Pengurus KONI berbaur dengan mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Negeri Malang (UM) yang sedang mengikuti program magang di kantor ini. 

Sampah-sampah yang terkumpul kemudian diangkut truk sampah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu. Nampak hadir juga Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu, Arief As Siddiq. 

Di puncak kegiatan dilaksanakan doa bersama dan pemotongan tumpeng di Jl Agus Salim. Dimana para pasukan kebersihan DLH Kota Batu dan relawan berkumpul. 

Aktivitas-bersih-bersih-serentak-3.jpg

"Kami mengapresiasi kegiatan ini, bisa dilaksanakan di seluruh kota, harapan kita tahun depan lebih mengena lagi, kita kemas sebaik mungkin, termasuk kita ingin memberikan perhatian khusus untuk para pejuang kebersihan, yakni para petugas kebersihan DLH yang selalu menjaga kota kita ini tetap bersih," kata Ketua Tim Penggerak PKK, Ny Wibi Asri Fianti Punjul Santoso. 

Hari ini PKK juga mengerahkan 75 persen anggotanya tidak hanya membersihkan Alun-Alun Kota Batu dan Jl Wr Supratman namun juga di permukiman penduduk. 

Ke depan PKK menggagas kegiatan tindaklanjut yakni menggelar kegiatan Jumat Bersih serentak di 24 desa dan kelurahan di Kota Batu. 

Sementara itu, aktivis Sabers Pungli, Mad Berlin mengatakan bahwa kegiatan sebagai bentuk kesadaran untuk memperingati World Clean Up Day 2019. 

"Sudah banyak sudut kota yang dibersihkan hari ini sebagai bentuk kepedulian kita terhadap lingkungan, namun masih banyak selokan di kawasan permukiman penduduk yang belum bersih, kita mengajak masyarakat sadar bersama-sama pahlawan kebersihan (petugas kebersihan) kita jaga kebersihan lingkungan kita," ujarnya. 

Memperingati World Clean Up Day 2019 Pemkot Batu dan relawan lingkungan Sabers Pungli (Sapu Bersih Sampah Nyemplung Kali) mengerahkan kekuatan penuh bersihkan sampah kota. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Batu

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES