Peristiwa - Daerah

Polres Banyuwangi Naik Kelas Jadi Polresta Banyuwangi

Polres Banyuwangi Naik Kelas Jadi Polresta Banyuwangi Mapolres Banyuwangi. (Foto : Istimewa)
Jum'at, 20 September 2019 - 12:12

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Sejarah baru diukir AKBP Taufik Herdiansyah Zeinardi. Dibawah kepemimpinannya, kini Kepolisian Resort (Polres Banyuwangi), naik kelas menjadi Kepolisian Resort Kota (Polresta).

Prestasi gemilang tersebut sesuai dalam Surat Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Drs Syafruddin, M Si, Nomor : B/849/M.KT.01/2019, tertanggal 18 September 2019. Surat itu menyatakan, bahwa Menpan RB menyetujui peningkatan tipe 14 Polres. Salah satunya Polres Banyuwangi.

Kepada TIMES Indonesia, Kaursubag Humas Polres Banyuwangi, Ipda Lita Kurniawan, menyampaikan ini institusi Polres Banyuwangi, sedang berbenah guna penyesuaian.

“Iya benar, kini sedang proses penyesuaian tipe,” katanya, Jumat (20/9/2019).

Dengan perubahan type atau naik kelas menjadi Polresta, kedepan jajaran Kepolisian di Kabupaten Banyuwangi, tidak akan dipimpin seorang Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) lagi. Namun tongkat komando akan dipegang perwira tinggi Kepolisian berpangkat Komisaris Besar (Kombes).

Sebagai informasi, pencapaian Polres Banyuwangi, ini cukup setimpal dengan kinerja dan pelayanan yang diberikan. Saat mengemban tugas, anggota Polisi di Bumi Blambangan, memang tidak hanya mengedepankan penegakan hukum saja. Tapi juga melakukan pembinaan serta pendampingan langsung, guna merubah mindset masyarakat.

Salah satu contoh, Polres Banyuwangi, melalui Satuan Polisian Perairan (Satpolair), telah melakukan pembinaan dan pendampingan terhadap sejumlah nelayan di Grand Watu Dodol, Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo. Kini, mereka yang dulunya para pengebom ikan, telah berubah menjadi pelestari ekosistem bawah laut. Sekaligus menjadi pengelola sektor pariwisata. Dari sini, memang sudah cukup layak Polres Banyuwangi bermetamorfosis menjadi Polresta Banyuwangi. (*)

Jurnalis : Syamsul Arifin
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Banyuwangi

Komentar

Registration