Kesehatan

Kiat Mudah Mengatasi Sariawan pada Anak dengan Aman

Jumat, 20 September 2019 - 06:45 | 128.78k
Sariawan pada Anak. (FOTO: Grid.ID)
Sariawan pada Anak. (FOTO: Grid.ID)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tak hanya orabg dewasa, anak-anak juga bisa terkena sariawan. Gangguan kesehatan mulut ini anak bisa timbul di bagian mulut mana saja, termasuk di lidah dan tenggorokan. Anak-anak tentu sangat terganggu dengan sariawan ini. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar sariawan pada anak bisa lekas sembuh tanpa membuatnya harus merasakan kesakitan.

1. Berkumur dengan obat khusus

Jika anak sudah memasuki usia sekolah, obat kumur bisa jadi pilihan pertama Anda untuk mengatasi sariawannya. Tapi jangan lupa, pilihlah obat kumur khusus anak. Obat kumur memiliki sifat antibakteri yang bisa membunuh bakteri jahat penyebab sariawan. Setelah berkumur, minta anak membilas mulutnya dengan air putih atau air mengalir agar bahan kimia yang terdapat dalam obat kumur tidak menempel pada dinding mulutnya.

2. Berkumur dengan air garam 

Sama dengan obat kumur, air garam hangat juga mengandung antibakteri yang mampu membunuh bakteri jahat dalam mulut. Caranya, larutkan setengah sendok teh garam ke dalam satu gelas air hangat, lalu berkumur selama 15-30 detik setiap harinya.

Setelah berkumur dengan air garam, biarkan anak minum air putih yang banyak untuk menetralisir rasa asinnya.

3. Sikat gigi secara rutin

Sedang sariawan bukan berarti tidak sikat gigi. Pilihkan sikat gigi dengan bulu halus serta batang yang lentur untuk memudahkan anak menggosok gigi tanpa menyenggol sariawannya.

4. Oleskan obat 

Sekarang ini sudah banyak dijual obat sariawan yang pemakaiannya tidak menimbulkan rasa perih. Biasanya, obat ini berbentuk gel dingin atau salep mulut. Oleskan obat tersebut dengan menggunakan cotton bud pada sariawan, lalu diamkan selama beberapa menit sampai obatnya benar-benar bekerja.

5. Minum air putih 

Kurangnya asupan air dalam tubuh tidak hanya membuat kulit jadi kering, tapi juga jadi alasan anak mudah mengalami sariawan. Untuk itu, pastikan anak mendapatkan asupan air yang cukup setiap harinya, dengan minum minimal delapan gelas per hari.

6. Makan buah 

Makan buah dengan kandungan vitamin C tinggi seperti jeruk, pepaya, kiwi, dan stroberi dapat membantu mempercepat proses penyembuhan sariawan pada anak. Vitamin C terbukti membantu tubuh melawan infeksi, termasuk infeksi penyebab gangguan kesehatan mulut ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES