Kesehatan

Waspadai Bahaya Berlebihan Minum Susu untuk Kesehatan Anak

Jumat, 20 September 2019 - 06:36 | 79.28k
ILUSTRASI - Minum susu. (FOTO: Hello Sehat)
ILUSTRASI - Minum susu. (FOTO: Hello Sehat)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Susu merupakan salah satu minuman sehat sumber nutrisi penting untuk tubuh. Susu membantu tumbuh kembang pada anak-anak. Namun, Anda juga perlu memperhatikan jumlah konsumsi susu pada anak. berlebihan minum susu ternyata bisa berdampak buruk untuk kesehatan anak.

Anak usia 1-8 tahun setidaknya perlu minum 250 ml susu per hari dan sebaiknya tidak lebih dari 500 ml per hari atau setara dengan 2 gelas kecil. Berikut ini bahaya berlebihan minum susu pada anak, dilansir dari Alo Dokter.

1. Sulit buang air besar

Susu tidak mengandung serat, sehingga mengonsumsinya secara berlebihan bisa memicu anak sulit buang air besar atau sembelit. Selain itu, anak yang terlalu banyak minum susu akan merasa kenyang dan malas mengonsumsi makanan bergizi lain, seperti sayur dan buah-buahan.

2. Kelebihan berat badan

Susu sapi formula umumnya tinggi kalori dan lemak, sehingga bila dikonsumsi terlalu banyak, dapat membuat anak mengalami kelebihan berat badan hingga obesitas. Apalagi bila anak gemar mengonsumsi susu dengan perisa dan gula tambahan atau bahkan susu kental manis.

3. Kekurangan zat besi

Tidak semua susu anak telah diperkaya dengan zat besi. Padahal, mineral ini diperlukan untuk penyaluran oksigen ke seluruh tubuh. Jika kekurangan zat besi, anak bisa nampak letih, malas makan, hingga sering sakit.

Meski tidak dianjurkan untuk berlebihan minum susu, tapi menghentikan asupan susu bagi anak tidak dapat dijadikan solusi. Berikan susu pada anak dengan porsi yang tepat untuk membantu tumbuh kembang dan bermanfaat untuk kesehatan anak. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES