Wisata

Dengan Persiapan Matang, Kaliploso Holti Carnival Digelar Lebih Meriah

Dengan Persiapan Matang, Kaliploso Holti Carnival Digelar Lebih Meriah Kaliploso Holti Carnival. (FOTO: Erwin Wahyudi/TIMES Indonesia)
Kamis, 19 September 2019 - 23:46

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Desa Kaliploso, Kecamatan Cluring, Banyuwangi, kembali menggelar acara Kaliploso Holti Carnival. Berbeda dengan tahun sebelumnya, acara yang digelar untuk yang kedua kalinya ini berlangsung sangat meriah. Ribuan penonton dari luar dan dalam desa, berjajar rapi di sepanjang rute.

"Yang jelas acara ini lebih meriah, karena persiapannya lebih matang daripada tahun sebelumnya. Sehingga pesertanya pun lebih banyak," terang Kepala Desa Kaliploso, Rudi Hartono, Kamis (19/9/2019).

Rudi menyampaikan, secara keseluruhan acara ini tidak berbeda dengan acara tahun lalu. Sejumlah kreasinya, mengarak gunungan yang berisi hasil bumi serta memperagakan pakaian-pakaian karnaval yang didesain dari aneka bahan dari hasil pertanian. Mulai dari buah-buahan seperti jeruk, buah naga, wortel, tomat, jagung, labu, nanas, pisang, dan pepaya, hingga aneka sayuran seperti terong, bunga kol, kacang panjang, ditampilkan dalam acara tersebut. 

Kaliploso-Holti-Carnival.-b.jpg

Tak hanya itu, busana dari pelepah daun kelapa dan dedaunan lainya yang dikombinasikan dengan asesoris unik dari cabai merah, biji jagung yang dirangkai dan ditempel dalam busana dengan rapi dan indah.

"Baik busana maupun gunungan yang ada di Kaliploso Holti Carnival adalah murni hasil kreativitas warga desa. Tujuan kami, agar masyarakan lebih peduli dengan desa dan Desa Kaliploso lebih dikenal oleh masyarakat luas," jelasnya. (*)

Jurnalis : Erwin Wahyudi
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Banyuwangi

Komentar

Registration