Peristiwa - Nasional

Mendagri RI Sebut Terlibat Penanganan Karhutla Wujud Revolusi Mental

Mendagri RI Sebut Terlibat Penanganan Karhutla Wujud Revolusi Mental Mendagri Tjahjo Kumolo pada acara pembukaan Pekan Kerja Nyata Revolusi Mental di Banjar Baru, Kalsel. (FOTO: Hasbullah/TIMES Indonesia)
Kamis, 19 September 2019 - 23:15

TIMESINDONESIA, BANJARBARUMendagri RI Tjahjo Kumolo menilai, terlibat aktif dalam penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang tengah melanda sejumlah wilayah Indonesia bagian dari wujud nyata revolusi mental.

Demikian diungkapkan Menteri Tjahjo Kumolo pada acara pembukan Pekan Kerja Nyata Revolusi Mental yang berlangsung di komplek kantor pemerintahan Provinsi Kalimantan Selatan, Banjarbaru, Kamis (19/9/2019).

"Revolusi mental harus kita mulai dari diri kita. Harus melihat lingkungan kita, keberagaman kita, kepedulian kita. Sekarang, kita dihadapkan dalam kondisi alam yang tidak ramah, kebakaran hutan dan lahan," ujar Tjahjo.

mendagri-b.jpg

Menghadapi situasi tersebut, Tjahjo minta para kepala daerah yang wilayahnya terdampak bencana alam, seperti longsor, banjir, kekeringan dan kebakaran hutan dan lahan agar tidak keluar kota.

"Bulan depan sudah mulai musim hujan, tentu ada bencana tanah longsor, banjir, dan lain sebagainya. Saya minta dengan hormat mulai gubernur, camat, kepala desa, kepala kelurahan, kalau daerahnya ada musibah, untuk tidak meninggalkan daerahnya," imbaunya.

Sebaiknya, lanjut Tjahjo, para kepala daerah ini bersama-sama dengan jajaran Polri/TNI, dan seluruh elemen masyarakat setempat bahu-membahu mengatasi persoalan yang ada. "Terjun ke bawah bersama berbagai elemen masyarakat, berkoordinasi dengan TNI/ Polri, tokoh masyarakat dan tokoh agama," imbuh dia.

mendagri-c.jpg

Sebab itu, mantan Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan ini kembali menegaskan, bahwa gerakan revolusi mental bersumber dari gerakan Indonesia melayani, bersih, mandiri, bersatu, yang tercermin dari semangat gotong royong.

"Gerakan Indonesia Melayani, Indonesia Bersih, Indonesia Tertib, Indonesia Mandiri, Gerakan Indonesia Bersatu akan memberikan kontribusi dalam percepatan Revolusi Mental bagi pemerintah dan rakyat keseluruhan." tandas Mendagri RI Tjahjo Kumolo.(*)

Jurnalis : Hasbullah
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Jakarta

Komentar

Registration