Ketahanan Informasi

Jelang Lebaran Idul Adha, Dinas Peternakan Cek Kesehatan Hewan Kurban

Jelang Lebaran Idul Adha, Dinas Peternakan Cek Kesehatan Hewan Kurban Giat pengecekan hewan kurban oleh Dinas Peternakan
Kamis, 19 September 2019 - 07:54

TIMESINDONESIA, PASURUAN – Jelang Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriyah, Pemerintah Kabupaten Pasuruan melalui Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan melakukan pengecekan terhadap tempat-tempat penjualan hewan kurban.

Belasan petugas memeriksa ratusan ekor kambing kurban yang dijual di salah satu lokasi di RT 03 RW 02, Kelurahan Gempeng, Kecamatan Bangil, Rabu (07/08/2019) siang.

Kabid Kesehatan Hewan (Keswan) pada Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Pasuruan, Drh Ainur Alfiah mengatakan, pengecekan dilakukan untuk melihat kesehatan hewan kurban apakah layak untuk diperjualbelikan atau tidak. Utamanya meliputi pemeriksaan mata, gigi, maupun luka atau cacat di tubuh hewan kurban serta umur.

"Pengecekan kita lakukan seperti memeriksa kesehatan, umur, dan luka atau cacat di tubuh hewan kurban,” katanya di sela-sela pemeriksaan. Dijelaskan Alfiah, pemeriksaan hewan kurban tersebut bertujuan untuk memastikan semua hewan kurban dalam keadaan sehat. Apabila ditemukan hewan yang dalam kondisi kesehatan tidak baik, maka disarankan untuk tidak dijual ke masyarakat.

“Ya pasti, kalau kita temukan hewan kurban nya dalam keadaan sakit yang bisa menular ke manusia maka harus ditarik dari penjualan. Tapi kalau hanya sakit mata atau lemas, maka bisa diantisipasi dengan obat dan asupan makanan dan minuman yang mencukupi,” imbuhnya.(*)

Jurnalis : Kominfo Paskot (CR-095)
Editor : AJP-4 Editor Team
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Pasuruan

Komentar

Registration