Peristiwa - Daerah

Ini Alasan Guncangan Gempa di Tuban Sangat Kuat Terasa di Wilayah Selatan Jawa

Ini Alasan Guncangan Gempa di Tuban Sangat Kuat Terasa di Wilayah Selatan Jawa Titik Gempa Bumi yang terjadi di utara pantai Tuban, Kamis, (19/09/2019)(Foto: Istimewa)
Kamis, 19 September 2019 - 18:40

TIMESINDONESIA, TUBAN – TUBAN- Guncangan gempa bumi yang terjadi di utara pantai Tuban ternyata tidak begitu dirasakan oleh warga di Kabupaten Tuban. Namun sangat terasa di wilayah selatan Jawa hingga ke Provinsi Bali dan NTB.

Bahkan gempa juga dirasakan hingga di Madura, Malang, Denpasar, Mataram, Lombok Barat, Lombok Tengah, Sumbawa, Bima III MMI, Cilacap, Purworejo, Yogyakarta, Lumajang, Trenggalek, Surabaya, dan Bandung.

BMKG Kabupaten Tuban, mencatat bahwa di wilayah pesisir pantai utara Tuban diguncang gempa sebanyak dua kali pada siang hari ini, Kamis (19/09/2019).

Gempa pertama terjadi pada pukul 14:06 WIB dengan kekuatan 5,6 skala Richter di kedalaman 656 m. Kemudian yang ke dua pukul 14:31 WIB dengan kekuatan 6,0 skala richter di kedalaman 648 km.  Lokasi pusat gempa berada di Lok: 6.43 LS,111.82 BT (56 km Barat Laut Tuban Jatim).

"Berdasarkan analisis kami, gempa terjadi karena subduksi lempeng Eurasia dan Indo-Australia," beber Kepala BMKG Tuban, Desindra, (19/09/2019).

Dijelaskan Desindra, guncangan gempa yang tejadi memang tidak begitu terasa di wilayah Tuban dan sekitarnya. Alasannya, kata Desindra, pusat gempa di wilayah utara Jawa ini memiliki kedalaman di atas 600 km dan tergolong sangat ekstrem. Gempa sebesar ini terkadang tak terasa karena getaran yang dipantulkan sedikit sampai kepermukaan wilayah utara karena kedalamannya.

"Zona subduksi di utara pulau jawa memiliki kedalaman 300-600 km. Namun berbeda dengan zona subduksi di wilayah selatan pulau Jawa yang memiliki kedalaman sekitar 0-80 km. Di mana getaran yang terpancar dari gempa ini akan cepat merambat ke wilayah yang lebih dangkal subduksinya (Jawa bagian selatan) sehingga getarannya akan lebih terasa dibanding wilayah utara," papar Desindra.

Dengan demikian, lanjutnya faktor utama kenapa gempa di utara pantai Tuban ini lebih terasa di wilayah selatan pulau Jawa hingga ke Bali dan NTB adalah karena kedalaman zona subduksi di dua wilayah yang berbeda. (*)

Jurnalis : Achmad Choirudin
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Tuban

Komentar

Registration