Peristiwa - Daerah

Tim Rescue Berhasil Evakuasi Hiu Tutul di Kanal PLTU Paiton

Tim Rescue Berhasil Evakuasi Hiu Tutul di Kanal PLTU Paiton Tim Rescue Whale Shark saat mengevakuasi hiu tutul di kanal PLTU Paiton. (FOTO: Tim Rescue for TIMES Indonesia)
Kamis, 19 September 2019 - 17:10

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGOTim Rescue Whale Shark akhirnya berhasil mengeluarkan Hiu tutul (Rhincodon Typus) yang terjebak di kanal PLTU Paiton, Kabupaten Probolinggo, Kamis (19/9/2019).

Mamalia laut dilindungi itu berhasil dievakuasi pada pukul 13.00 WIB, dengan cara dijaring manual, lalu diangkat. Kini akan dilepasliarkan ke habitatnya, laut utara Probolinggo. 

Evakuasi-Hiu-Tutul-2.jpg

"Kita pakai jaring yang kita rangkai berbentuk segi empat menggunakan pipa berukuan 4X6 meter, untuk menjaring ikan itu, kita pancing ikan masuk, begitu masuk ke jaring selanjutnya kita angkat jaring pakai crane, lalu kita letakan di lautan untuk dilepas liarkan kembali," terang Dandim 0820 Probolinggo Letkol Inf. Imam Wibowo, yang merupakan ketua tim Rescue Whale Shark.

Ia menyampaikan, ada beberapa kendala saat proses evakuasi. Yaitu karena alusista, arus yang kuat dan ikannya masih sehat.

Evakuasi-Hiu-Tutul-3.jpg

"Namun, dari kesolidan tim Rescue, hiu paus itu akhirnya bisa terselamatkan dengan baik dan lancar. Berat hiu itu sekitar 1 ton lebih," ungkapnya.

Pihaknya berharap, untuk kedepannya pihak PLTU Paiton, untuk lebih memperkuat dan menambah jaring di pintu kanal, agar tidak ada lagi kasus yang sama kedepannya.

Hiu tutul yang berhasil diselamatkan dari kanal PLTU Paiton, dilepas liarkan kembali ke laut pada pukul 14.00 WIB. (*)

Jurnalis : Dicko W
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Probolinggo

Komentar

Registration