Peristiwa Daerah

BMKG: Gempa di Tuban Akibat Subduksi Lempeng Eurasia dan Indo-Australia

Kamis, 19 September 2019 - 16:43 | 47.14k
Ilustrasi gempa bumi. (dok/TI)
Ilustrasi gempa bumi. (dok/TI)

TIMESINDONESIA, TUBAN – Badan Metreologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Tuban,  Jawa Timur menginformasikan bahwa penyebab gempa yang terjadi di pesisir utara pantai Tuban diakibatkan karena aktivitas lempeng Eurasia dan Indo-Australia.

"Berdasarkan analisis sementara kami, gempa terjadi karena subduksi lempeng Eurasia dan Indo-Australia. Tapi untuk hasil pastinya kami juga menunggu informasi dari BMKG Pusat," beber Kepala BMKG Tuban, Desindra, (19/09/2019).

Gempa-Tuban.jpg

BMKG Kabupaten Tuban, mencatat bahwa di wilayah pesisir pantai utara Tuban diguncang gempa sebanyak dua kali pada siang hari ini. Gempa tersebut tidak potensi Tsunami.

Tercatat gempa pertama terjadi pada pukul 14:06 WIB dengan kekuatan 5,6 SR di kedalaman 656 Km. Kemudian yang ke dua pukul 14:31 WIB dengan kekuatan 6,0 SR di kedalaman 648 Km

Lokasi Pusat gempa berada di Lok:6.43 LS,111.82 BT (56 km Barat Laut TUBAN-JATIM). Gempatersebut terasa hingga di Madura, Malang, Denpasar, Mataram, Lombok Barat, Lombok Tengah, Sumbawa, Bima III MMI, Cilacap, Purworejo, Yogyakarta, Lumajang, Tuban, Trenggalek, Surabaya, dan Bandung. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Tuban

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES