Peristiwa - Daerah

BMKG: Gempa di Tuban Akibat Subduksi Lempeng Eurasia dan Indo-Australia

BMKG: Gempa di Tuban Akibat Subduksi Lempeng Eurasia dan Indo-Australia Ilustrasi gempa bumi. (dok/TI)
Kamis, 19 September 2019 - 16:43

TIMESINDONESIA, TUBAN – Badan Metreologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Tuban,  Jawa Timur menginformasikan bahwa penyebab gempa yang terjadi di pesisir utara pantai Tuban diakibatkan karena aktivitas lempeng Eurasia dan Indo-Australia.

"Berdasarkan analisis sementara kami, gempa terjadi karena subduksi lempeng Eurasia dan Indo-Australia. Tapi untuk hasil pastinya kami juga menunggu informasi dari BMKG Pusat," beber Kepala BMKG Tuban, Desindra, (19/09/2019).

Gempa-Tuban.jpg

BMKG Kabupaten Tuban, mencatat bahwa di wilayah pesisir pantai utara Tuban diguncang gempa sebanyak dua kali pada siang hari ini. Gempa tersebut tidak potensi Tsunami.

Tercatat gempa pertama terjadi pada pukul 14:06 WIB dengan kekuatan 5,6 SR di kedalaman 656 Km. Kemudian yang ke dua pukul 14:31 WIB dengan kekuatan 6,0 SR di kedalaman 648 Km

Lokasi Pusat gempa berada di Lok:6.43 LS,111.82 BT (56 km Barat Laut TUBAN-JATIM). Gempatersebut terasa hingga di Madura, Malang, Denpasar, Mataram, Lombok Barat, Lombok Tengah, Sumbawa, Bima III MMI, Cilacap, Purworejo, Yogyakarta, Lumajang, Tuban, Trenggalek, Surabaya, dan Bandung. (*)

Jurnalis : Achmad Choirudin
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Tuban

Komentar

Registration