Wisata

Dinas Pariwisata Pemkab Bantul Kenalkan Paket Wisata Malam Goa Cerme

Dinas Pariwisata Pemkab Bantul Kenalkan Paket Wisata Malam Goa Cerme Suasana pintu masuk Obyek Wisata Goa Cerme. (FOTO: Totok Hidayat/TIMES Indoensia)
Kamis, 19 September 2019 - 15:36

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Dinas Pariwisata Pemkab Bantul menyajikan paket wisata malam untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. Paket itu ditawarkan ke sejumlah obyek wisata yang tingkat kunjungan wisatanya masih rendah, seperti wisata malam di Goa Cerme.

“Program ini sebagai bentuk inovasi untuk menghindari kejenuhan,” kata Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru Prabowo, Kamis (19/9/2019).

Kwintarto menambahkan, setelah sukses menggelar event malam hari di obyek wisata seperti Festival Lampion dan pentas musik. Kini, Dinas Pariwisata Pemkab Bantul akan membuat paket wisata malam di Goa Cerme.

Dipilihnya Goa yang berlokasi di Desa Selopamioro, Imogiri ini sebagai lokasi paket wisata malam menyusul jumlah wisatawan yang masih kecil dibanding obyek wisata lain. Selama ini pengunjung Goa Cerme hanya dapat menikmati Goa alami.

Padahal, berdasarkan hasil pengamatan Goa Cerme yang terletak di peebukitan dapat menjadi lokasi yang strategis untuk melihat kota Yogyakarta pada malam hari. Sebagai kegiatan pendamping akan ditampilkan hiburan musik akustik dan hidangan khas, serta tambahan Camping Ground. Agar terkesan ekslusif paket wisata ini akan digelar setiap bulan dengan kapasitas terbatas. 

“Kesan eksklusif ini yang membuat wisatawan penasaran dan tertarik untuk datang,” jelas Kwin

Pada awal Oktober 2019 paket wisata ini akan diujicobakan. Pada tahap awal akan diberikan secara gratis kepada wisatawan. Namun, bila ternyata peminatnya cukup besar maka akan dijual kepada para wisatawan.

Kwintarto optimistis bila dikemas secara profesional maka paket wisata malam goa cerme akan laku dijual. Seperti, pentas keroncong di gunung nglanggeran beberapa waktu lalu. Namun kesuksesan kegiatan ini tetap membutuhkan dukungan masyarakat di sekitar Goa Cerme.

“Bila kepuasan yang diperoleh maka harga menjadi pertimbangan kedua,” papar Kwintarto Heru Prabowo, kepala Dinas Pariwisata Bantul saat menerangkan bagaimana meningkatkan kunjungan wisata ke Goa Cerme meningkat dengan paket wisata malam. (*)

Jurnalis : Totok Hidayat (MG-199)
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Radio Persatuan Bantul

Komentar

Registration