Peristiwa Daerah

Hiu Tutul Terjebak di Kanal PLTU Paiton, Pecinta Lingkungan: Kelalaian PLTU

Kamis, 19 September 2019 - 13:39 | 116.56k
Tim Rescue sedang melakukan penyelamatan hiu tutul di kanal PLTU Paiton, Kabupaten Probolinggo. (FOTO: Tim Rescue for TIMES Indonesia)
Tim Rescue sedang melakukan penyelamatan hiu tutul di kanal PLTU Paiton, Kabupaten Probolinggo. (FOTO: Tim Rescue for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Peristiwa Hiu tutul (Rhincodon Typus) yang terjebak di kanal PLTU Paiton, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, mendapat tanggapan dari pecinta lingkungan. Ia menganggap pihak PLTU lalai, karena beberapa kali hewan pemakan plankton itu masuk kanal.

"Saya menganggap pihak PLTU Paiton, lalai. Karena sudah beberapa kali ini ada hiu tutul masuk ke kanal. Seharusnya jaring di pintu kanal itu tidak bisa dilewati ikan besar seperti itu. Kami sangat menyayangkan ini terjadi," kata Anton Marsono, pecinta lingkungan dari komunitas BGC (Binor Green Comunity) Kecamatan Paiton, Kamis (19/9/2019).

Tim-Rescue-sedang-melakukan-penyelamatan-hiu-tutul-a.jpg

Ia menyebut, hiu paus yang terperangkap di kanal PLTU itu, bukan berkelompok, tapi hiu itu sendirian saat ia memburu plankton, yang akhirnya terjebak ke kanal. Karena menurut dia, di perairan pantai utara Probolinggo, dan di sekitar PLTU Paiton, banyak terdapat plankton.

"Saya sering kali melihat hiu tutul berkeliaran di perairan laut Paiton, saat melakukan giat snorkelling di pantai Desa Binor," ucapnya kepada TIMES Indonesia, saat ditemui di pantai Bohay (Binor Harmony).

"Saya berharap, pihak PLTU Paiton, memperhatikan kemanan jalur menuju kanal, agar kedepannya tidak ada lagi hiu tutul masuk ke kanal itu. Semoga tim Rescue yang melakukan evakuasi di hari ketiga ini membuahkah hasil, untuk melepas liarkan hiu itu ke laut," tambah pria yang akrab disapa Sony tersebut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Probolinggo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES