Wisata

Komunitas Sulud Sukma Blitar akan Gelar kembali Getih Getah Gula Klapa

Kamis, 19 September 2019 - 12:02 | 100.26k
Pementasan Tari pada Getah Getih Gula Klapa tahun 2017 silam. (Foto: Rahmanto Adi for TIMES Indonesia)
Pementasan Tari pada Getah Getih Gula Klapa tahun 2017 silam. (Foto: Rahmanto Adi for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BLITAR – Komunitas Sulud Sukma Blitar akan menggelar kembali acara tahunan Getih Getah Gula Klapa Candi Simping pada 17 November 2019 mendatang.

Rahmanto Adi, Ketua Komunitas Sulud Sukma menjelaskan, tujuan dari kegiatan tersebut adalah memperkenalkan kembali komplek Candi Simping sebagai tempat pendharmaan Nararya Sanggramawijaya kepada masyarakat.

"Pada 17 September 2017, kami menggelar Getih Getah Gula Klapa yang pertama bekerja sama dengan Dewan Kesenian Jatim. Tahun itu kami mengambil tema Sesaji Bumi Proklamasi," ungkapnya kepada TIMES Indonesia, Kamis (19/9/2019).

Pria yang akrab disapa Anto ini menambahkan, pada tanggal 17 November 2018 lalu, Getih Getah Gula Klapa dengan tema Njenang Abang yang bertujuan memperingati berdirinya Kerajaan Majapahit yang ditandai dengan penobatan Sri Kertarajasa Jayawardhana. Sedangkan tahun ini Getih Getah Gula Klapa akan dilaksanakan di Pelataran Candi Simping dengan tema Cucuk Lampah. 

Menurut Anto, dalam pelaksanaan Getah Getih Gula Klapa pihaknya bekerjasama dengan Karang Taruna Nusantara 1 Desa Sumberjati kecamatan Kademangan dan masyarakat. 

"Tahun 2019 ini menjadi tahun pelaksanaan Getih Getah Gula Klapa yang ke- 3," tambahnya.

Anto mengemukakan, bahwa Getah Getih Gula Klapa sekaligus untuk memperingati berdirinya Kerajaan Majapahit di tempat pendharmaan Nararya Sanggramawijaya. Juga, untuk menciptakan sebuah etalase kebudayaan sebagai bagian dari cita-cita mewujudkan Pusat Kajian Budaya Majapahit dan Peradaban Nusantara di Komplek Candi Simping.

"Dengan ini semoga acara Getih Getah Gula Klapa tetap menjadi acara yang tetap dinantikan masyarakat dan menjadi acara yang sukses mencapai tujuan," tegasnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES