Peristiwa Daerah

Kabut Asap Kian Tebal, MDMC Sumsel Bagikan Masker di Sekolah

Kamis, 19 September 2019 - 08:34 | 66.01k
Relawan MDMC Muhammadiyah membagikan masker. (FOTO: MDMC/TIMES Indonesia)
Relawan MDMC Muhammadiyah membagikan masker. (FOTO: MDMC/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTAKabut asap yang terus menebal imbas kebakaran hutan dan lahan (karhutla) telah menurunkan kualitas udara dan berbahaya bagi kesehatan. Sebagai wujud kepedulian, Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatera Selatan membagikan masker kepada masyarakat. Terutama yang ada di sekolah dan melintas jalan raya.

“Kami telah membagikan sekitar 1.400 masker. Terlibat dalam kegiatan ini 20 orang relawan yang terdiri dari MDMC PWM Sumsel 1 orang, Majelis Kesehatan Pimpinan Wilayah Aisyiyah (PWA) Sumsel 1 orang, Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) PWA Sumsel 1 orang, PK IMM STIKES Aisyiyah Palembang 10 orang, serta BEM STIKES Aisyiyah Palembang 7 orang,” kata Khoirin, Koordinator Divisi Tanggap Darurat MDMC Sumatera Selatan dalam siaran pers kepada TIMES Indonesia, Kamis (19/9/2019).

Khoirin menambahkan, selain membagikan masker di ruas jalan itu, para relawan juga turun langsung ke lapangan terutama ke sekolah-sekolah. Sebagai upaya mencegah bahaya Infeksi Saluran Pernapasan (ISPA) relawan mendampingi siswa bagaimana mengenakan masker yang benar di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 129 kemarin.

Kegiatan pembagian masker dan penyuluhan kesehatan tersebut dilakukan atas dukungan dari   STIKES Aisyiyah Palembang, PWA Sumsel, MDMC PWM SUMSEL dan PWM Sumsel yang secara umum tergabung dalam OMOR.

Di lokasi berbeda, MDMC Kalimantan Tengah turut mengerahkan relawan dengan menginisiasi mobil oksigen dan rumah oksigen. Ketua MDMC PP Muhammadiyah, Budi Setiawan mengatakan, sejak awal terjadi kebakaran, Relawan Muhammadiyah telah bergerak membagikan masker, membuat rumah oksigen keliling, pemberian makanan dan gizi tambahan, serta menerjunkan relawan bersama TNI ikut serta membantu memadamkan kebakaran.

Pergerakan Relawan Muhammadiyah terjaring di Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Sumatera Selatan, Riau dan Jambi, kata Budi melalui rilisnya yang diterima Lazismu satu hari yang lalu. “Semoga pembagian masker di sekolah dan jalan raya dapat membantu masyarakat agar tidak terserang ispa akibat kabut asap tebal,” jelas Ketua MDMC PP Muhammadiyah, Budi Setiawan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Yogyakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES