Peristiwa - Daerah

Hadapi Tantangan Lapangan Pekerjaan, Hetifah Beri Tips untuk Pelajar dan Mahasiswa

Hadapi Tantangan Lapangan Pekerjaan, Hetifah Beri Tips untuk Pelajar dan Mahasiswa Ketua KPPG, Hetifah Syaifudian saat menjadi narasumber kunci pada seminar pendidikan (Foto: Istimewa)
Rabu, 18 September 2019 - 22:55

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ketua Kesatuan Perempuan Partai Golkar (KPPG) Hetifah Sjaifudian, menyampaikan tips yang dibutuhkan pelajar dan mahasiswa dalam menghadapi tantangan di sektor lapangan pekerjaan.

"Yang perlu diperhatikan yaitu pondasi literasi, kompetensi dan karakter," katanya saat jadi pemateri di Seminar Pendidikan yang digelar oleh Kesatuan Perempuan Partai Golkar (KPPG) di ruang KK I DPR RI, Jakarta, Rabu (18/9/2019).

Hetifah-Syaifudian-2.jpg

Menurut Wakil Ketua Komisi X DPR RI ini, era keterbukaan informasi sebenarnya memberi peluang yang luas bagi generasi muda Indonesia untuk belajar banyak hal untuk mengembangkan kreativitasnya.

"Indonesia memiliki banyak potensi untuk diolah secara kreatif. Bidang ekonomi kreatif memiliki 16 subsektor, yaitu  arsitektur, penerbitan, televisi dan radio, film, animasi dan video, seni kriya, aplikasi dan game, desain interior, musik, desain komunikasi visual, fashion, desain produk, periklanan, fotografi, kuliner, seni rupa, dan seni pertunjukan,” paparnya. 

Sementara Direktur Kemahasiswaan Kemenristekdikti, Didin Wahidin yang juga menjadi pemateri mengatakan bahwa pendidikan tinggi di Indonesia menghadapi sejumlah tantangan.

“Narkoba, intoleransi, radikalisme, terorisme, separatisme, dan hoaks mengancam keutuhan NKRI,” ujar Didin. 

Didin Wahidin menambahkan, disinilah peran pendidikan tinggi menjadi penting dalam menyiapkan SDM unggul. SDM yang siap dalam menghadapi tantangan dan daya saing global.

“SDM unggul adalah manusia seutuhnya. Keilmuan yaitu mumpuni dalam penguasaan IPTEK. Karakter akhlak mulia dan berkarakter baik, keindonesiaan, cinta tanah air dan internasionalisasi, yaitu berdaya saing global,” imbuhnya.

Selain Hetifah Sjaifudian dan Didin Wahidin, sejumlah nara sumber juga hadir di seminar pendidikan yang dibuka oleh Sekretaris Fraksi Partai Golkar, Adies Kadir ini. Seperti Head of PGRI Smart Learning and Character Center, Eko Indrajit; Pengamat Bidang Strategi dan Motivator Alfiantono; Founder FIND Fashion Indo Digital, Yurita Puji; dan anggota DPR RI terpilih 2019-2024, Dyah Roro Esti. (*)

Jurnalis : Kusnadi
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : Bontang TIMES

Komentar

Registration