Ekonomi

Rektor Unkriswina: Peningkatan Kualitas SDM Penting Bagi Pembangunan Sumba Timur  

Rektor Unkriswina: Peningkatan Kualitas SDM Penting Bagi Pembangunan Sumba Timur   Rektor Unkriswina Sumba Pdt. Norlina Rambu Jola, S.Si (Teol), M.Si,
Rabu, 18 September 2019 - 22:22

TIMESINDONESIA, WAINGAPU – Rektor Unkriswina Sumba Pdt. Norlina Rambu Jola, S.Si (Teol), M.Si, Rabu (18/9/2019) mengatakan, ada tiga hal utama dalam mendukung pembangunan di Kabupaten Sumba Timur. Yakni sumber daya manusia (SDM), wilayah dan dana.

Ketiga hal itu memiliki keterkaitan untuk mengakselerasi pembangunan di Kabupaten Sumba Timur. “Namun hal yang paling penting adalah upaya peningkatan sumber daya manusia,” kata Pdt. Norlina.

Menurutnya, peningkatan SDM harus melewati pendidikan formal mulai dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi. Sedangkan pendidikan nonformal dan informal atau lembaga-lembaga di luar pendidikan formal juga memiliki peran dalam menghasilkan SDM yang handal untuk mendukung pembangunan di daerah.

“Ketersediaan sarana dan prasarana serta penguasaan teknologi membutuhkan SDM yang handal. Sekarang ini kita berada di era globalisasi dan revolusi 4.0, tentu ini juga menjadi perhatian para stakeholder dalam menyikapinya,” ujarnya.

Sementara pemerhati pendidikan kejuruan Achmad Karim mengungkapkan, SDM adalah faktor yang sangat penting bagi suatu organisasi. Termasuk bagi kemajuan suatu daerah. SDM adalah penggerak perencanaan pembangunan di daerah.

“Jadi SDM itu dituntut untuk mampu mengatasi segala macam tantangan dan kemajuan teknologi yang semakin canggih dalam menciptakan lapangan pekerjaan,” tuturnya. 

Menurut Achmad, menghadapi tantangan di era teknologi seperti sekarang ini, peran SDM di wilayah Kabupaten Sumba Timur sangat penting untuk selalu siap menghadapi perubahan dan terus melakukan inovasi. (*)

Jurnalis : Moh Habibudin
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Sumba

Komentar

Registration