Wisata

Lomba Layangan Bali Reggae Star Festival 2019 Lestarikan Budaya Lokal

Lomba Layangan Bali Reggae Star Festival 2019 Lestarikan Budaya Lokal Lomba layangan Bali Reggae Star Festival 2019. (Foto: Bali Reggae Star Festival)
Rabu, 18 September 2019 - 19:57

TIMESINDONESIA, DENPASARLomba layangan menjadi ajang untuk melestarikan budaya dalam ajang Bali Reggae Star Festival (BRSF) 2019. Ajang yang berlangsung pada 7 dan 8 September 2019 lalu ini pun mendapatkan banyak apresiasi positif dari berbagai pihak.

Ketua Panitia Pelaksana Kite BSRF 2019, Rudock menyampaikan pelaksanaan lomba layangan tahun ini mendapatkan antusiasme yang sangat baik. Tercatat, lomba layangan ini diikuti oleh 300 peserta, yang terdiri dari 4 kategori layangan yaitu pecukan, bebean, janggan buntut, dan janggan.

Lomba-Layangan-Bali-2.jpg

"Peserta yang ikut serta dalam lomba ini datang dari berbagai wilayah dari Denpasar, Badung, dan Gianyar. Kami juga sangat bangga bisa melestarikan budaya Bali lewat kegiatan ini," katanya, Rabu (18/9/2019).

Ia berharap kegiatan lomba layangan ini juga tetap menampilkan atau melestarikan permainan budaya lokal Indonesia. Bukan hanya layangan, namun nantinya berbagai permainan budaya lokal yang bersifat gotong royong bisa semakin dilestarikan, sebagai upaya untuk memupuk rasa kebersamaan.

Juara pertama lomba layangan BSRF 2019 kategori Buntut dimenangkan oleh Watu Munggul Kite, juara kedua Citra, dan juara ketiga Yoga Team. Juara pertama kategori Jonggan diraih Anak Buah Kubu, juara kedua Putu Ngelahne, dan juara ketiga Maruh team.

Sedangkan untuk juara kategori Pecukan diraih Banyatu, juara kedua Joni Team, dan juara ketiga Olog Team. Juara pertama kategori Babean diraih ABL, juara kedua Nutrisari Jambu Biji, dan juara ketiga Gede Gelue.

Lomba-Layangan-Bali-3.jpg

Ketua Bali Reggae Star Festival, Agung Ngurah menyampaikan bahwa Bali, khususnya kawasan Sanur sudah terkenal dengan ikon layangannya. Oleh karena itu, dalam penyelenggaraan BSRF 2019 yang mengusung tema konser Pancasila ini, pihaknya juga menggelar lomba layangan Bali.

"Bermain layangan juga secara tidak langsung sudah mengamalkan nilai-nilai Pancasila yaitu gotong royong dan persatuan Indonesia," kata Agung, pada Times Indonesia.

Sebagai informasi, Bali Reggae Star Festival (BSRF) 2019, akan berlangsung pada 7 dan 8 September 2019, di Pantai Mertasari, Sanur, Kota Denpasar, Bali. Selain konser musik BSRF 2019 ini akan dimeriahkan dengan berbagai keseruan seperti, Camping Ground, Bars, Chilling Area, Food and Baverages Area, dan Merchaindise Area. (*)

Jurnalis : Imadudin Muhammad
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Malang

Komentar

Registration