Selasa, 19 November 2019
Pendidikan

Kepala BPPSDMP Beri Kuliah Umum di Polbangtan Malang

Kepala BPPSDMP Beri Kuliah Umum di Polbangtan Malang Kepala BPPSDMP Kementerian Pertanian RI Prof. Dr. Ir. Dedi Nursyamsi, M.Agr, memberikan kuliah umum di Polbangtan Malang, Rabu (18/9/2019). (Foto: Humas Polbangtan Malang for TIMES Indonesia)
Rabu, 18 September 2019 - 20:30

TIMESINDONESIA, MALANG – Dalam rangkaian kunjungannya di Politeknik Pembangunan Pertanian Malang (Polbangtan Malang), Rabu (18/9/2019), Kepala BPPSDMP (Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian) Kementerian Pertanian RI (Kementan RI) Prof. Dr. Ir. Dedi Nursyamsi, M.Agr, memberikan kuliah umum dengan tema “Petani milenial pendekar pangan nasional di era industri 4.0”.

Di awal materinya ia menegaskan bahwa Kementan RI bertekad mewujudkan Indonesia menjadi lumbung pangan dunia. Artinya, bukan hanya memenuhi kebutuhan pangan bangsa sendiri, tetapi mampu memberikan makan kepada seluruh manusia yang ada di muka bumi ini.

Dedi-Nursyamsi-4.jpg

"Untuk mencapai lumbung pangan dunia kita harus ekspor ke luar negeri," kata Prof Dedi di hadapan seluruh mahasiswa Polbangtan Malang di Aula Sasana Giri Sabha.

Berkaitan dengan tema kuliah umum, Dedi berharap seluruh mahasiswa Polbangtan Malang menjadi petani milenial. Ia menjelaskan bahwa kaum milenial itu umumnya cerdas, semangat, inovatif, pantang menyerah sampai dengan sukses.

"Jadilah petani yang cerdas, semangat, inovatif, pantang menyerah maju terus sampai dengan sukses. Siapa yang akan mengekspor kebutuhan pangan dunia nanti kalo tidak kalian semua calon petani milenial," kata Dedi memotivasi.

Dia menandaskan, untuk menciptakan itu semua diperlukan pemberdayaan sumber daya manusia pertanian. Saat ini, kata dia, program utama pemerintah adalah melaksanakan pendidikan vokasi. Pendidikan vokasi dihubungkan dengan industri-industri agar lulusannya sesuai dengan kebutuhan, dan siap untuk hal-hal baru.

Dalam kesempatan kuliah umum di Polbangtan Malang, Kepala BPPSDMP juga menjelaskan tentang program Kementan RI di antaranya Upsus Pajale, Upsus Siwab, #Bekerja, KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari dan juga Serasi (Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani) Serasi. (*)

Jurnalis :
Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Malang

Komentar

Registration