Peristiwa Daerah

Antisipasi Kebakaran Hutan, Petugas Gabungan di Kabupaten Malang Gencar Patroli

Rabu, 18 September 2019 - 17:48 | 50.73k
Petugas Gabungan saat melakukan patroli untuk mencegah Karhutla. (foto: Polsek Gedangan for TIMES Indonesia)
Petugas Gabungan saat melakukan patroli untuk mencegah Karhutla. (foto: Polsek Gedangan for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Pencegah serta antisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla, gencar dilakukan oleh petugas gabungan yang ada di Kabupaten Malang.

Seperti terlihat pada Rabu, (18/9/2019), tim gabungan terdiri dari kepolisian, TNI, Perhutani, dan relawan Sibat PMI melakukan​ patroli antisipasi Karhutla, di wilayah hutan Desa Gajahrejo, Gedangan, Kabupaten Malang.

Saat Patroli, petugas mengendarai kendaraan roda 4 dan roda 2. Apabila menemui kondisi kontur wilayah yang sulit, petugas gabungan menelusurinya dengan cara berjalan kaki.

Kapolsek Gedangan, Kapolsek Gedangan AKP Iwan Tjatur Prambudi menerangkan, pencegahan perlu dilakukan agar insiden kebakaran seperti yang terjadi di Riau dan Kalimantan tak terjadi di wilayah Selatan Kabupaten Malang.

"Maka dari itu perlu adanya kepedulian dari semua pihak untuk menjaga hutan serta mengantisipasi terjadinya karhutla,”  ujarnya.

Dia menjelaskan, saat Patroli, tim gabungan tersebut juga melakukan pemasangan papan imbauan larangan membakar hutan di beberapa titik yang menjadi area patroli.

"Pemasangan atribut maupun banner ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan," katanya.

Iwan berharap, masyarakat mematuhi dan punya kesadaran melestarikan lingkungan hutan. “Kami mengajak serta memberikan sosialisasi akan pentingnya menjaga kelestarian hutan," tuturnya.

Selain melakukan patroli, petugas gabungan di Kabupaten Malang ini juga aktif memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES