Ketahanan Informasi Ketahanan Informasi Pendidikan

Jalani Ujian Doktoral, David Irawan Dosen UWG Malang Pukau Dewan Penguji

Jalani Ujian Doktoral, David Irawan Dosen UWG Malang Pukau Dewan Penguji Dr. Ir. David Irawan, MT., saat memaparkan hasil Disertasinya. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)
Rabu, 18 September 2019 - 09:18

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Dosen Teknik Sipil Fakultas Teknik UWG Malang, Ir. David Irawan, MT., menjalani ujian terbuka program Doktor di Ruang Sidang Departemen Teknik Sipil FTSLK-ITS Surabaya, Selasa (17/9/2019).

Dosen tetap Yayasan Pendidikan Indonesia Widyagama Malang ini mengangkat disetasi berjudul “Model Kepemimpinan Pelaksana Lapangan dalam Pengaruhnya Terhadap Motivasi dan Kinerja Tenaga Kerja Kontraktor”.

Ia di bawah bimbingan (promotor & co promotor) Prof. Ir. Indrasurya B. Mochtar, M.Sc.,PhD., dan Dr. Christiono Utomo, ST.,MT.,Ph.D., serta tim dewan penguji program doktor Departemen Teknik Sipil FTSLK-ITS.

David Irawan, dengan penuh percaya diri, tegas dan gamblang menyampaikan presentasi riset disertasinya dihadapan tim dewan penguji serta hadirin yang hadir di ruang sidang.

Menurut Disertasi David, bahwa variable “kepemimpinan pelaksana lapangan” berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kinerja tenaga kerja kontraktor. Motivasi dan Kinerja tenaga kerja kontraktor berdasarkan data penelitian dengan 100 responden disimpulkan memberikan pengaruh yang signifikan.

Fakultas-Teknik-UWG-Malang-2.jpgDewan Penguji usai pengumuman kelulusan program doktor, Dr. Ir. David Irawan, MT. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)

Dengan metode penelitian menggunakan Model SEM-PLS untuk melihat keterkaitan hubungan antara variabel, David Irawan berkesimpulan bahwa Kepemimpinan Pelaksana Lapangan sangat memberikan pengaruh yang sangat nyata terhadap hasil kerja kontraktor.

Mandor dengan tenaga kerja harus mempunyai kesepahaman yang sama sehingga apa yang diintruksikan oleh pimpinan mendapatkan hasil yang sesuai harapan. Masih ada masalah yang dibutuhkan dalam penyelesaian dilapangan terkait persoalan cara menerapkan kepemimpinan pelaksana lapangan yang tepat agar kinerja bisa meningkat.

Pada sesi tanya jawab dengan tim penguji, David Irawan dengan pengalamannya bertahun-tahun sebagai konsultan diberbagai kontraktor bangunan dapat menjawab semua pertanyaan yang diajukan oleh tim penguji.

Apresiasi dan pujian disampaikan oleh Prof. Ir. Indrasurya B. Mochtar, M.Sc.,PhD., dan Dr. Christiono Utomo, ST.,MT.,Ph.D., selaku Promotor dan Co Promotor.

Menurut Prof. Indrasurya, David yang tercatat sebagai mahasiswa program Doktor di Departemen Teknik Sipil ITS tahun 2011 (8 tahun masa studi S3) ini tergolong sangat istimewa, karena selain sebagai dosen dan mahasiswa S3 juga dikenal oleh berbagai perusahaan kontruksi sebagai konsultan kontraktor diberbagai dari daerah (Malang, Blitar, Probolinggo, Pasuruan, Sumenep dan Jawa Tengah).

Fakultas-Teknik-UWG-Malang-3.jpgPengurus YPPIWM dan jajaran rektor UWG saat mendengarkan paparan Disertasi pak David Irawan. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)

Maka tidak ragu bagi tim penguji program doktor untuk memberikan nilai kelulusan “Sangat Memuaskan” kepada Dr. Ir. David Irawan, MT.

Ketua YPPIWM, Prof. H.A. Muktie Fadjar,SH.MS., menyampaikan selamat dan sukses kepada David serta keluarga karena akhirnya bisa menyelesaikan studi S3 dan menjadi Doktor yang ke-2 di Prodi Teknik Sipil Fakultas Teknik UWG.

Ia berharap dengan ilmu serta kepiawaian dan profesionalisme dari David dapat mengembangkan pembangunan kampus UWG.

Sementara itu Prof. Dr. Ir. Iwan Nugroho, MS., selaku rektor UWG menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada David Irawan yang telah berhasil lulus sebagai Doktor teknik sipil, Doktor kedua di program studi teknik sipil UWG dan doktor ke-40 di Universitas Widyagama Malang.

"Kami sangat senang kepada pak David Irawan, selain beliau seorang professional di bidang konstruksi juga dikenal dengan kepiawaiannya dalam mengajar di program studi teknik sipil, terbukti beliau dosen favorit mahasiswa UWG," ucap Rektor.

Turut hadir dan menyaksikan ujian terbuka program Doktoral, keluarga besar dosen UWG Malang juga pengurus YPPI WM (Prof. H.A. Muktie Fadjar, SH.,MS.; Prof. Muryati, SE.,MM.; Drs. Djoko Purwanto.; Dr. Anwar, SH.,MHum), jajaran rektorat UWG; rektor dan wakil rektor (Prof. Dr. Ir. Iwan Nugroho, MS.; Prof. Dr. Ir. Sukamto, MS.; Dra. Yekti Intyas Rahayu, MM.; dan Dr. Agus Tugas Sudjianto, ST.,MT.). (*)

Jurnalis : Santoso SP (CR-059)
Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

Komentar

Registration