Peristiwa Daerah

Rencana Berkoalisi Demokrat di Pilbub Banyuwangi, Golkar: Tunggu Jawaban Pusat

Rabu, 18 September 2019 - 13:42 | 69.87k
Ketua DPD Partai Golkar Banyuwangi, Ruliyono (kiri) bersama Ketua DPC Partai Demokrat Banyuwangi, Michael Edy Hariyanto (kemeja biru). (FOTO: Doc TIMES Indonesia)
Ketua DPD Partai Golkar Banyuwangi, Ruliyono (kiri) bersama Ketua DPC Partai Demokrat Banyuwangi, Michael Edy Hariyanto (kemeja biru). (FOTO: Doc TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Rencana koalisi Partai Demokrat dan Partai Golkar untuk mengusung bakal calon Bupati Banyuwangi periode 2020-2025 sudah menemui titik keseriusan. Surat permohonan jawaban secara resmi telah dikirimkan DPD Golkar Banyuwangi kepada DPP Golkar Jakarta, Rabu (18/9/2019).

"Secara resmi sudah kami kirimkan surat permohonan jawaban koalisi tersebut ke pusat pada Selasa 17 September kemarin," kata ketua DPD Golkar Banyuwangi, Ruliyono.

Tertuang dalam surat itu, pihaknya meminta kepada pusat agar segera menerbitkan surat rekomendasi atas rencana koalisi dengan partai Demokrat Banyuwangi. "Kita dengan Demokrat sudah menjalin komunikasi secara intens dan sudah klik untuk berkoalisi," katanya.

Menurut Ruliyono, surat rekomendasi dari pusat tersebut sangatlah penting, sebab sejak satu bulan lalu beberapa partai di Banyuwangi sudah melakukan penjaringan bakal calon dan wakil Bupati. Sementara Golkar sendiri tidak bisa membuka pendaftaran karena belum memenuhi persyaratan.

Diketahui, dalam Undang-Undang No. 10 tahun 2016 tentang Pilkada, Parpol atau gabungan Parpol dapat mendaftarkan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati jika memperoleh 20 persen kursi DPRD atau 25 persen perolehan suara Pemilu.

Partai Golkar dalam Pemilu tahun 2019 hanya memperoleh 5 kursi di DPRD setara dengan 10 persen dari 50 kursi DPRD Banyuwangi. Untuk mengusung bakal calon Bupati Banyuwangi, Partai Golkar harus berkoalisi dengan partai lainnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Banyuwangi

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES