Pendidikan

LLDIKTI Jatim Tunjuk UMG Selenggarakan SPMI

Selasa, 17 September 2019 - 08:52 | 51.10k
UMG menggeker Bimtek Aplikasi MISHEQA angkatan pertama bagi 90 perguruan tinggi (PT) dilingkungan LLDikti Wilayah VII Jawa Timur Selasa, (17/9/2019) lalu. (FOTO: Humas UMG - Abdurrahman Faris/AJP TIMES Indonesia)
UMG menggeker Bimtek Aplikasi MISHEQA angkatan pertama bagi 90 perguruan tinggi (PT) dilingkungan LLDikti Wilayah VII Jawa Timur Selasa, (17/9/2019) lalu. (FOTO: Humas UMG - Abdurrahman Faris/AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, GRESIK – Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG) terus menunjukkan komitmennya untuk mengedepankan kualitas penyelenggaraan kegiatan akademik maupun non akademik.

Atas komitmennya itu, LLDikti Wilayah VII memberikan kepercayaan kepada UMG untuk menjadi host dalam Bimtek Aplikasi Management Information System for Higher Education Quality Assurance (MISHEQA) angkatan pertama bagi 90 perguruan tinggi (PT) dilingkungan LLDikti Wilayah VII Jawa Timur.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pendampingan penguatan SPMI melalui sistem manajemen yang berkualitas, sekaligus melakukan pemetaan penyelenggaraan SPMI pada setiap PT, sehingga, nantinya akan dihasilkan pemetaan atau klusterisasi SPMI di masing-masing perguruan tinggi,” ucap Prof Dr Ir Suprapto, DEA, Kepala LLDikti Wilayah VII saat membuka Bimtek tersebut, Selasa, (17/9/2019).

Prof Suprapto yang juga menjadi pemateri utama, menyampaikan, bahwa Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI), di Perguruan tinggi harus terus menerus ditingkatkan. “Agar nantinya menjadi budaya mutu,” ujarnya.

Untuk diketahui, SPMI sekarang ini menjadi faktor yang elementer serta sangat penting dalam rangka mewujudkan ketercapaian mutu penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi di setiap PT.

Ini dimaksudkan agar peningkatan mutu dalam segala aktivitas akademik maupun non akademik menjadi budaya mutu yang memberikan imbas positif terhadap penghargaan sebuah PT dalam bentuk Akreditasi yang unggul.

UMG-b.jpg

UMG melalui Badan Penjaminan Mutu (BPM) telah menerapkan SPMI dengan Model PPEPP (Penetapan, Penyelenggaraan, Evaluasi, Pengendalian, Peningkatan) bersiklus dan berkelanjutan sejak beberapa tahun terakhir.

Selanjutnya, penyampaian materi juga disampaikan oleh dua nara sumber dari LLDikti yang menekankan pada aspek teknis sistem penjaminan mutu lewat aplikasi MISHEQA yang harus dimiliki oleh masing-masing PT dalam rangka pemetaan SPMI perguruan tinggi. Kegiatan dilanjutkan dengan bimbingan teknis yang langsung didampingi oleh tim dari LLDikti bagi 90 PT yang hadir.

Sementara itu, Prof Dr Ir Setyo Budi, M.Si, Rektor UMG, yang juga sebagai host kegiatan ini, menyampaikan bahwa SPMI perlu berkesinambungan agar terbentuk mutu yang terus meningkat.

Senada, Dr Slamet Asari, M.Pd, Ketua BPM-UMG, mengugkapkan penguatan SPMI ini akan memberikan garansi penyeleggaraan SPMI di UMG khususnya dan PT di Wilayah VII pada umumnya agar lebih berkualitas, terkendali, dan berkelanjutan.

“Agar menghasilkan budaya mutu di lingkungan Perguruan Tinggi masing-masing,” ujar Dr Slamet yang juga Ketua Panitia penyelenggara Bimtek Aplikasi MISHEQA. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-4 Editor Team
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Gresik

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES