Pemerintahan

Gubernur Jatim Ingatkan Bupati Malang Segera Sinkronisasikan RPJMD

Selasa, 17 September 2019 - 21:03 | 47.72k
 Gubernur Jawa Timur, Kofifah Indarparawansa. (FOTO: Widodo Irianto/TIMES Indonesia)
Gubernur Jawa Timur, Kofifah Indarparawansa. (FOTO: Widodo Irianto/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYAGubernur Jatim Hj Khofifah Indar Parawansa mengingatkan agar Bupati Malang HM Sanusi yang baru dilantik, segera mensinkronisasi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dengan RPJM Provinsi dan Nasional, bersama Ketua DPRD Kabupaten Malang dan jajaran organisasi perangkat daerah (OPD).

Sebab, kata Gubernur,  ada RPJM Nasional dan Tim RPJM Nasional yang dikomandani oleh Menteri Bappenas sudah mengadakan rapat sinkronisasi program dari berbagai provinsi di Indonesia bagian timur dan tengah yang dilaksanakan di Surabaya, beberapa waktu lalu.

"Tim ini akan terus menerus menyusun konsep tentang apa yang menjadi kebutuhan lokal dan regional yang nanti akan disinergikan di dalam perencanaan pembangunan Nasional," katanya.

Gubernur juga menegaskan, tahun 2016 pasti sudah ada RPJMD Kabupaten Malang. "Tapi mulai hari ini koordinasikan dengan DPRD, seperti KUA PPAS (Kebijakan Umum Anggaran-Prioritas Plafon Anggaran Sementara) atau detail program untuk bisa disinkronkan, yakni antara RPJMD Kabupaten Malang, RPJMD Provinsi Jawa Timur dan RPJM Nasional," ujar Kofifah.

Selain itu, lanjut Khofifah, mungkin ada perkembangan yang tidak lazim dilakukan pada periode sebelumnya. "Ada percepatan pembangunan industri terutama Jatim dan Jateng. Bahwa Tim RPJM Nasional telah bergerak sangat cepat, sangat intensif dan sangat detail baik ke RPJMD Provinsi dan di dalam tirik perencanaan Pemkab," ujar Kofifah.

Karena itu ia mengingatkan terutama kepada Ketua DPRD Kab Malang, jajaran OPD KAB Malang, ada sesuatu yang harus  disinergikan dan itu sangat segera. "Bukan hanya segera, tapi sangat segera," tegas Gubernur.

"Kami ingin no one left behind. Jangan ada yang tertinggal. Dalam proses perencanaan ini, kita berharap bahwa titik titik strategis yang memberikan signifikasi terhadap penyejahteraan rakyat, terhadap penurunan kemiskinan, terhadap pembukaan lapangan kerja dan yang bisa mendorong pertumbuhan ekonomi secara regional maupun nasional, meningkatkan RPJMD kita, tolong disisir kembali," papar Gubernur Jatim Hj Khofifah Indar Parawansa. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Surabaya

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES