Indonesia Positif Ketahanan Informasi Pendidikan

Hadapi Pengaruh Revolusi Industri 4.0 di Dunia Akuntansi, FEB UB Malang Gelar Seminar Nasional

Selasa, 17 September 2019 - 13:33 | 111.97k
Foto Bersama Pemateri, Dosen dan Otoritas Jurusan AKuntansi. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)
Foto Bersama Pemateri, Dosen dan Otoritas Jurusan AKuntansi. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Pendidikan

TIMESINDONESIA, MALANGFEB UB Malang menggelar Seminar Nasional yang bertajuk "Best Practice Proses Adaptasi Teknologi Informasi ke dalam Kurikulum Akuntansi".

Acara yang berlangsung di Aula Gedung F lantai 7 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang ini dihadiri oleh dosen dan otoritas Jurusan/Departemen Akuntansi.

FEB-Universitas-Brawijaya-2.jpg

Kegiatan ini dilatarbelakangi revolusi indistri 4.0 yang berdampak langsung pada Akuntansi. Sehingga perguruan tinggi, khususnya bidang Akuntansi harus membekali lulusannya dengan ilmu dan pengetahuan Akuntansi yang mengadaptasi perkembangan revolusi industri 4.0.

Seminar nasional yang berlangsung Rabu-Kamis (4/9/2019-5/9/2019) ini mengundang Isnaeni Achdiat, M.Ak, CISA, CISM, CGEIT (Managing Partner EY Indonesia), Agung Nugroho Soedibyo, SE, M.Ak (Senior Partner RSM Indonesia), Yeney Widya Prihatiningtias, DBA, Ak., CA (Sekretaris Jurusan Akuntansi FEB UB), dan Dr. Syaiful Iqbal, Ak., CA (Ketua Laboratorium Akuntansi Keuangan dan Perpajakan).

Isnaeni Achdiat merupakan pakar di bidang Akuntansi yang menguasai perkembangan revolusi industri 4.0 menyampaikan perihal Akuntansi dan Revolusi Industri 4.0 dalam meningkatkan awarness di kalangan akademisi untuk mengembangkan kurikulum yang up to date.

Sementara Agung Nugroho Soedibyo pakar di bidang Akuntansi yang menguasai perkembangan kurikulum matakuliah Auditing berdasarkan perkembangan Revolusi Industri 4.0 dengan menggunakan Big Data dan Artificial Intelligence, menyampaikan perihal internalisasi big data dan artificial intelligence pada kurikulum mata kuliah core Akuntansi.

Dalam kesempatan ini, Yeney Widya dan Syaiful Iqbal yang merupakan dosen Akuntansi di FEB UB juga menyampaikan terkait Student Center Learning (SCL) sebagai terobosan proses pembelajaran di era RI 4.0 dan pemanfaatan laboratorium Akuntansi dalam menginternalisasi perkembangan RI 4.0.

Dengan digelarnya seminar ini, diharapkan dosen dan otoritas Jurusan/Departemen Akuntansi dapat segera melakukan adaptasi Revolusi Industri 4.0 kedalam kurikulum pendidikan dan pembelajaran Jurusan Akuntansi, khususnya di FEB UB Malang(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES