Ketahanan Informasi Ketahanan Informasi Nasional

Anggota DPRD Lombok Barat Jalani Orientasi, ini Pesan Wabup Sumiatun

Anggota DPRD Lombok Barat Jalani Orientasi, ini Pesan Wabup Sumiatun Wakil Bupati Lombok Barat Hj. Sumiatun saat membuka kegiatan Orientasi Anggota DPRD Kabupaten Lombok Barat Periode 2019-2024 di Hotel Jayakarta Senggigi, Senin (16/9).
Selasa, 17 September 2019 - 10:29

TIMESINDONESIA, LOMBOK BARATDPRD Lombok Barat periode sebelumnya telah menempatkan DPRD Lombok Barat saat itu sebagai DPRD terproduktif di level Provinsi NTB.

Tidak kurang sebanyak 64 Peraturan Daerah telah menjadi produk perundang-undangan di Kabupaten Lombok Barat. Dari jumlah keseluruhan, ada sekitar 25 Perda yang bersumber dari inisiatif DPRD.

DPRD-Lombok-Barat-2.jpg

Hal itu diungkapkan oleh Wakil Bupati Lombok Barat Hj. Sumiatun saat membuka kegiatan Orientasi Anggota DPRD Kabupaten Lombok Barat Periode 2019-2024 di Hotel Jayakarta Senggigi, Senin (16/9).

"Kita lihat banyak kiprah positif di DPRD Kabupaten Lombok Barat periode sebelumnya yang harus diteruskan oleh periode saat ini," pesannya.

Sumiatun mengatakan dalam tugas budgeting, bersama Pemerintah Kabupaten Lombok Barat selaku eksekutif, DPRD telah mampu mendorong pertumbuhan ekonomi. Secara tidak langsung hal tersebut tercermin pada besaran jumlah APBD yang mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Tahun 2014, total APBD Lombok Barat masih berkisar sekitar Rp. 1,2 Triliunan. Kini total APBD Lombok Barat dapat mencapai Rp. 1,9 Triliun.

"Dengan mendorong eksekutif dalam hal meningkatkan pos pendapatan, APBD itu secara simultan pun meningkat setiap tahun rata-rata Rp. 140 milyar. Artinya, selama lima tahun sebelumnya, kenaikan APBD kita signifikan menembus angka Rp. 700 miliar," terang mantan Ketua DPRD Lombok Barat itu.

"Seluruh orientasi pekerjaan, tugas, dan fungsi kita, baik di eksekutif maupun di legislatif harus berpijak pada RPJMD. Kita bisa mendiskusikan secara intensif tentang berbagai indikator yang ingin dicapai, sasaran, dan tujuan, untuk kemudian menjadi fokus orientasi pembangunan yang kita rencanakan dan tetapkan di setiap tahun anggaran," lanjutnya.

Dalam kesempatan itu, Sumiatun memberikan apresiasi tinggi kepada Anggota DPRD Kabupaten Lombok Barat Periode 2019-2024 yang hadir dalam kegiatan orientasi itu. Ia berharap, kegiatan ini mampu menjadi landasan pijak konseptual dalam rangka menjalankan tugas mulia untuk lima tahun mendatang.

Penghargaan juga disampaikan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi NTB, Tri Budiprayitno. Ia menuturkan, selain meningkatkan pengetahuan, keahlian, keterampilan dan sikap untuk dapat melaksanakan tugas secara profesional, kegiatan ini juga untuk menciptakan para anggota DPRD yang mampu berperan sebagai Unsur Pemerintahan Daerah, Pembaharu dan Perekat Persatuan dan Kesatuan.

"Meningkatkan sikap dan semangat pengabdian yang berorientasi pada pelayanan, pengayoman dan pemberdayaan masyarakat. Di lain pihak anggota DPRD Lombok Barat mewakili rakyat yang diberikan amanah tapi harus sejalan juga dengan Bupati maupun Gubernur dalam membangun," ujarnya. (*)

Jurnalis : Saepul Ahkham (CR-142)
Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Komentar

Registration