Peristiwa Daerah

Proses Evakuasi Hiu Tutul di Kanal PLTU Paiton Butuh Waktu Lima Hari

Selasa, 17 September 2019 - 19:12 | 53.33k
Tim Rescue Whale Shark saat menggelar press rilis di Hotel Resort PLTU Paiton Probolinggo. (FOTO: Dicko W/TIMES Indonesia)
Tim Rescue Whale Shark saat menggelar press rilis di Hotel Resort PLTU Paiton Probolinggo. (FOTO: Dicko W/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Proses penyelamatan atau evakuasi hiu tutul pemakan plankton (Rhincodon typus) di PLTU Paiton memerlukan waktu maksimal lima hari dan minimal selama dua hari. Hal itu disampaikan Letkol Inf. Imam Wibowo, Dandim 0820 Probolinggo sekaligus ketua tim Rescue Whale Shark PLTU Paiton.

Imam Wibowo menyebut, dibutuhkan waktu berhari-hari untuk penyelamatan itu, karena masih harus melakukan langkah-langkah persuasif, seperti survey lapangan, perencanaan evakuasi, pelaksanaan evakuasi dan evakuasi.

“Dalam kurun waktu lima hari, evakuasi dapat tertangani dengan baik. Secara garis besar, kegiatan evakuasi akan dilakukan dengan cara mengupayakan untuk dapat menggiring hiu paus kea rah perairan laut lepas, yaitu dengan menggunakan jarring kemudian ditarik dengan kapak khusus atau speedboat,” ujar Imam Wibowo, kepada wartawan, Selasa (17/9/2019).Edisi-Rabu-18-September-2019-11.jpgSementara itu Direktur Jenderal Konservasi Sumberdaya Alam dan Ekosistem (KLH) Ir. Wiratno menyatakan, upaya penyelamatan ini menjadi bukti nyata bahwa konservasi satwa dilindungi tidak dapat dilakukan oleh satu pihak saja. Namun perlu dukungan dari berbagai pihak terhadap pelestarian satwa tersebut.

“Semoga tim Rescue Whale Shark PLTU Paiton, Probolinggo, bisa mengevakuasi hiu tutul atau hius paus pemakan plankton (Rhincodon typus) ini berjalan dengan baik dan lancar, sehingga satwa tersebut bisa leluasa kembali di lautan lepas,” imbuh Wiratno. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Probolinggo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES