Peristiwa Daerah

Danlanud Abd Saleh Lepas Pesawat Cassa untuk TMC ke Pontianak

Selasa, 17 September 2019 - 18:54 | 68.85k
Danlanud ABD Saleh lepas Cassa 212 untuk tangani Karhutla. Selasa, 17/9/2019. (FOTO : Pentak Abd Saleh)
Danlanud ABD Saleh lepas Cassa 212 untuk tangani Karhutla. Selasa, 17/9/2019. (FOTO : Pentak Abd Saleh)

TIMESINDONESIA, MALANG – Komandan Pangkalan Udara Abdulrachman Saleh (Danlanud Abd Saleh) Malang, Marsma TNI Hesly Paat melepas satu pesawat Cassa 212 dari Skadron Udara 4 untuk melaksanakan teknologi modifikasi cuaca (TMC) dalam penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kalimantan dan Sumatera.

Pelepasan dilaksanakan di apron Skadron Udara 4 Selasa (17/9) dengan didampingi para Kepala Dinas Lanud Abdulrachman Saleh seperti Kepala Dinas Operasi (Kadisops) Kolonel Pnb Erwin Sugiandi, Kepala Dinas Personel (Kadispers) Kolonel Pnb Toto Ginanto,S.T.,M.A.P., Kepala Dinas Logistik (Kadislog) Kolonel Tek Henry R.L Tobing, S.E., dan Komandan Skadron Udara 4 Letnan Kolonel Pnb Wisnu Aji Prabowo, S.Sos.

Danlanud-ABD-Saleh-b.jpg

Dalam pesannya, Marsma TNI Hesly Paat menyampaikan agar tiga belas personel crew Cassa 212 dengan tail number 2107 yang dipimpin Mayor Pnb Muh. Arif, S.Sos., itu dapat bertindak dengan hati-hati, bertanggung jawab dan mengutamakan safety dalam pelaksanaannya.

"Saya berharap selama penugasan ini crew dapat melaksanakan nya dengan lancar, aman dan selamat", ujarnya.

Crew Cassa 212 akan melaksanakan tugasnya hingga awal Oktober mendatang di Pontianak dan sekitarnya, dengan perannya dalam memodifikasi cuaca untuk mendorong turunnya hujan.

"Melalui peran TMC dari pesawat Cassa diharapkan kebakaran hutan dan lahan yang terjadi Kalimantan dapat segera dipadamkan," imbuhnya.

Komandan Skadron Udara 4 Letnan Kolonel Pnb Wisnu Aji Prabowo, S.Sos., menambahkan crew cassa Skadron Udara 4 akan bergabung dengan personel dari BPPT yang ada di Pontianak guna melaksanakan TMC.

Danlanud-ABD-Saleh-c.jpg

"Sekali terbang pesawat cassa akan mengangkut sekitar satu ton garam. Salah satu keunggulan Cassa 212 dalam TMC adalah efektifitas juga mobilitasnya karena pesawatnya kecil namun lincah," ujarnya.

Ditambahkan Danskadron Udara 4 pada minggu lalu satu unit pesawat cassa 212 dari Skadron Udara 4 dengan 13 crew juga telah berangkat ke Lanud Rusmin Nuryadin, Pekanbaru, Riau dalam tugas TMC untuk membantu memadamkan kebakaran hutan dan lahan.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES