Pendidikan

Fotografi Jurnalistik Antarkan Oscar Mutuloh Terima Gelar Empu Ageng ISI Yogyakarta

Selasa, 17 September 2019 - 17:56 | 56.36k
Rektor ISI Yogyakarta Agus Burhan (paling kanan). (FOTO: Dokumen/TIMES Indonesia)
Rektor ISI Yogyakarta Agus Burhan (paling kanan). (FOTO: Dokumen/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Institut Seni Indonesia atau ISI Yogyakarta akan memberikan gelar Empu Ageng kepada Oscar Mutuloh. Penghargaan bidang fotografi jurnalistik tersebut akan diberikan dalam upacara sidang senat terbuka kampus ISI Yogyakarta.

Gelar Empu Ageng merupakan gelar penghargaan tertinggi dalam bidang seni dan setara dengan gelar doktor honoris causa.

“Gelar ini diberikan kepada seseorang yang telah mendedikasikan dirinya dalam bidang seni tertentu,” kata Rektor ISI Yogyakarta Agus Burhan, Selasa (17/9/2019).

Agus menambahkan, sampai saat ini ISI Yogyakarta telah memberikan gelar Empu Ageng kepada sejumlah tokoh. Seperti, Cokrowarsito dalam bidang seni karawitan pada Juli 2004, Ki Cermo Manggolo atau Dalang Timbul Hadiprayitno dalam bidang pedalangan pada Mei 2008 dan Abas Alibasyah dalam bidang seni rupa pada Mei 2012.

“Sehingga gelar ini merupakan gelar ketiga untuk Empu Ageng,” terang Agus.

Prapto Sujono selaku promotor menerangkan, Oscar Mutuloh merupakan seseorang yang sangat tekun dan berdedikasi dalam bidang fotografi Jurnalistik. Oscar merupakan lulusan Lembaga Pendidikan Jurnalistik Antara dan saat ini menjadi direktur galeri foto Antara.

“Pada tahun 1990 pernah menjadi Direktur Biro Foto Antara,” kata Prapto.

Prapto menambahkan, adanya banyak buku yang telah diterbitkan dan pameran foto yang diadakan oleh Oscar. Bahkan, ia mengajar di kampus ISI Jurusan Fotografi Fakultas Media Rekam.

“Jadi, rekam jejak Oscar Mutuloh pada Fotografi Jurnalistik sangat banyak. Sehingga, ia layak menerima Gelar Empu Ageng dari ISI Yogyakarta,” terang Prapto. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Yogyakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES