Peristiwa Nasional

Mendagri Tjahjo Minta Kepala Daerah Proaktif Tangani Kebakaran Hutan

Selasa, 17 September 2019 - 17:38 | 37.66k
Mendagri RI, Tjahjo Kumolo meminta kepala daerah lebih proaktif menangani karhutla. (Foto: Hasbullah/TIMES Indonesia)
Mendagri RI, Tjahjo Kumolo meminta kepala daerah lebih proaktif menangani karhutla. (Foto: Hasbullah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTAMendagri RI Tjahjo Kumolo meminta kepala daerah lebih proaktif melakukan upaya penangan serta penanggulangan dampak kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di daerah masing-masing.

Tjahjo mengatakan itu menyusul, pernyataanPresiden Jokowi dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo yang menyebut, masih terdapat beberapa kepala daerah yang kurang peduli terhadap penanganan kebakaran hutan.

"Ya, itu kami catat dan kami sampaikan kenapa tidak hadir. Kalau kepala daerah tidak bisa hadir misalnya sakit, kan bisa wakilnya. Kalau sampai daerah tidak hadir ya harus dipertanyakan," ujar Tjahjo di Tangerang Selatan, Rabu (17/9/2019).

Sejatinya, kata Tjahjo, kepala daerah tidak dapat meninggalkan tanggungjawabnya mengatasi kebakaran hutan. Namun begitu, ia menyebut pihaknya tidak bisa memberi sangsi kepada kepala daerah yang dinilai lalai mengatasi kebakaran tersebut.

Pasalnya, setiap daerah telah memiliki otonomi sendiri dan kepala daerah, baik tingkat I maupun II merupakan hasil pemilihan langsung di daerah masing-masing.

"Hanya mengingatkan karena kita hanya membangun hubungan tata kelola pemerintah pusat dan daerah. Beda dengan TNI-Polri yang bisa mengganti dan memberi sanksi, kita tidak bisa," kata Mendagri Tjahjo Kumolo. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES