Politik

Pilkada Kabupaten Malang, 8 Balon dari PDI Perjuangan Akan Jalani Fit and Proper Test

Pilkada Kabupaten Malang, 8 Balon dari PDI Perjuangan Akan Jalani Fit and Proper Test Salah satu bakal calon, Hendik Arso usai melengkapi berkas pendaftaran di DPC PDI Perjuangan siap mengikuti fit and proper test. (Foto: Binar Gumilang/TIMES Indonesia)
Selasa, 17 September 2019 - 15:34

TIMESINDONESIA, MALANG – Sebanyak 8 bakal calon yang berebut rekom PDI Perjuangan untuk Pilkada Kabupaten Malang, akan menjalani fit and proper tes di DPD PDI Perjuangan Jatim.

Rencananya, fit and proper test tersebut akan dilakukan pada hari Rabu, (18/9/2019) di Jalan Raya Kendangsari, Kota Surabaya.

"Fit and Proper Test merupakan ranah dari DPD PDI Perjuangan Jawa Timur. Undangannya by name kepada bakal calon. Kami hanya mendapat tembusan," ujar Wakil Ketua Pendaftaran DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang, Santoko, kepada TIMES Indonesia, Selasa (17/9/2019).

Dia menjelaskan, seluruh bakal calon wajib mengikuti fit and proper test atau uji kelayakan tersebut. Karena itu merupakan bagian dari tahapan penjaringan yang dilakukan partai.

"Melalui fit and proper test ini nantinya diketahui kapasitas, kualitas serta kelayakan bakal calon untuk mendapatkan rekomendasi menjadi Calon Bupati maupun Calon Wakil Bupati," tuturnya.

Menurutnya, seluruh tahapan uji kelayakan tersebut merupakan kewenangan dari DPD PDI Perjuangan Jatim. Pihaknya tidak bisa melakukan intervensi terhadap proses itu.

"Sejak awal sudah kami jelaskan, bahwasanya DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang hanya bertugas menerima pendaftaran serta melakukan verifikasi dan validasi dokumen," ungkapnya.

"Sedangkan untuk keputusan memberikan rekomendasi, sepenuhnya merupakan kewenangan dari DPP," sambungnya.

Sementara itu, salah satu Bakal Calon, Hendik Arso mengaku telah siap mengikuti feet and proper test yang dilakukan DPD PDI Perjuangan Jatim.

"Tentunya saya siap memberikan yang terbaik pada fit and proper test tersebut. Apalagi saya merupakan kader partai, akan berbuat yang terbaik untuk mendapatkan rekom itu," katanya.

Dia juga percaya, fit and proper test tersebut salah satu proses terbaik dalam rangka melakukan penjaringan untuk menentukan calon yang disiapkan pada Pilkada Kabupaten Malang melalui PDI Perjuangan(*)

Jurnalis : Binar Gumilang
Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Malang

Komentar

Registration